PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI EKSPLORASI LINGKUNGAN DI MTs. NU. MIFTAHUL ULUM KUDUS


Reni Dhora Solina , 4401403008 (2011) PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI EKSPLORASI LINGKUNGAN DI MTs. NU. MIFTAHUL ULUM KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI EKSPLORASI LINGKUNGAN DI MTs. NU. MIFTAHUL ULUM KUDUS]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI EKSPLORASI LINGKUNGAN DI MTs. NU. MIFTAHUL ULUM KUDUS) - Published Version
Download (132kB) | Preview

Abstract

Solina, Reni Dhora.2010. Pembelajaran Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Ekplorasi Lingkungan Di MTs. NU. Miftahul Ulum Kudus. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs.Krispinus Kedati Pukan, M.Si, pembimbing II: Dr.Lisdiana, M.Si. Keterbatasan media membuat pembelajaran biologi di MTs. NU Miftahul Ulum lebih banyak dilakukan dengan ceramah. Lingkungan sekolah(fisik dan sosial) kurang dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Salah satu materi dengan nilai rata-rata dibawah 60 pada tahun-tahun sebelumnya adalah materi klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas VII. Oleh karena itu diperlukan perubahan dalam pembelajaran. Salah satu alternatifnya pembelajaran konsep klasifikasi makhluk hidup dilakukan melalui eksplorasi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran konsep klasifikasi makhluk hidup melalui eksplorasi lingkungan dapat mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas siswa di MTs. NU Miftahul Ulum Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. NU. Miftahul Ulum Kudus tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 137 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Dengan menggunakan teknik random sampling diambil 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan teknik Control Group Only Post-test design. Variabel bebasnya adalah pembelajaran dengan eksplorasi lingkungan, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan aktivitas siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis yaitu uji perbedaan dua rata-rata data hasil belajar siswa (posttest) atau uji t dan aktivitas siswa menggunakan prosentase. Berdasarkan hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel, ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol yaitu kelas eksperimen > kontrol. Dapat dilihat hasil belajar kelas eksperimen sudah memenuhi >60mdengan ketuntasan klasikal >75%, sedangkan kelas kontrol walaupun hasil belajarnya sudah memenuhi>60 tapi ketuntasan klasikalnya< 75%. Aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 82,64% sudah memenuhi kriteria baik dan aktif, sedangkan kelas kontrol sebesar 64,88% hanya memenuhi kriteria cukup baik. Pembelajaran konsep klasifikasi makhluk hidup melalui eksplorasi lingkungan dapat mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas siswa di MTs. NU Miftahul Ulum Kudus. Salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah dengan menerapkan eksplorasi lingkungan dalam mengajarkan materi klasifikasi makhluk hidup. Kata kunci : Eksplorasi lingkungan, Klasifikasi makhluk hidup

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi lingkungan, Klasifikasi makhluk hidup
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 02:13
Last Modified: 15 Dec 2011 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11006

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item