PROFITABILITAS, MARKET VALUE, DAN RATIO GEARING YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (Opini Auditor sebagai Variabel Moderating)

Afrita Intan Sari , 3351405544 (2011) PROFITABILITAS, MARKET VALUE, DAN RATIO GEARING YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (Opini Auditor sebagai Variabel Moderating). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
PDF (PROFITABILITAS, MARKET VALUE, DAN RATIO GEARING YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (Opini Auditor sebagai Variabel Moderating)) - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    Afrita Intan Sari. 2010. Profitabilitas, Nilai Pasar, Rasio Gearing yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (Opini Auditor sebagai Variabel Moderasi). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Ketepatan waktu Pelaporan, Profitabilitas, Nilai Pasar, Rasio Gearing, Opini Auditor Perusahaan yang telah Go Publik harus memperhatikan ketepatan waktu pelaporan keuangan kepada BAPEPAM agar informasi yang terkandung di dalamnya tidak kehilangan nilai manfaat dan relevansinya dalam mempengaruhi pengambilan keputusan. Betapa penting ketepatan waktu pelaporan keuangan kepada pengguna laporan keuangan, tetapi masih terdapat perusahaan yang tidak dapat menyampaikan laporan keuangan tepat waktu. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah profitabilitas, market value, dan ratio gearing mempengaruhi ketepatan pelaporan, dan apakah opini auditor memoderasi profitabilitas, market value dan ratio gearing dengan ketepatan waktu pelaporan keuangan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2007. Sampel yang digunakan sebanyak 60 perusahaan selama 3 periode, sehingga didapat sampel sejumlah 180 yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi logistik dan uji interaksi moderating. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas tidak signifikan mempengaruhi ketepatan pelaporan (0.255 > 0,05). Market value tidak signifikan mempengaruhi ketepatan pelaporan (0.314 > 0,05). Ratio gearing tidak signifikan mempengaruhi ketepatan pelaporan (0.437 > 0,05). Opini auditor tidak signifikan memoderasi profitabilitas dengan ketepatan pelaporan (0.257 > 0.05), market value dengan ketepatan pelaporan (0.162 > 0.05) dan ratio gearing dengan ketepatan pelaporan (0.997 > 0.05). Simpulan dari penelitian ini adalah profitabilitas, market value, dan ratio gearing tidak signifikan berpengaruh terhadap ketepatan pelaporan keuangan. Secara parsial opini auditor tidak signifikan memoderasi profitabilitas, market value dan ratio gearing dengan ketepatan pelaporan keuangan. Saran bagi penelitian berikutnya agar menggunakan proksi yang lain pada variabel yang sama, menggunakan variabel lain sebagai variabel moderating dan mencari data dari sumber-sumber yang terkait sehingga dapat memperbanyak sampel yang digunakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ketepatan waktu Pelaporan, Profitabilitas, Nilai Pasar, Rasio Gearing, Opini Auditor
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: farid N fisika
    Date Deposited: 14 Dec 2011 21:14
    Last Modified: 14 Dec 2011 21:14

    Available Versions of this Item

    Actions (login required)

    View Item