PERAN HUMAS PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SEMARANG DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM SERTA KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH

Prahega Ananda , 7351307040 (2011) PERAN HUMAS PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SEMARANG DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM SERTA KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

WarningThere is a more recent version of this item available.

Abstract

Prahega Ananda, 2010. Peran Humas pada Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang dalam Mensosialisasikan Program serta Kebijakan-kebijakan Pemerintah Daerah. Manajemen Perkantoran D3. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Peran, Humas Humas mempunyai peran penting dalam menjaga hubungan baik antara organisasi dengan publiknya. Adanya Humas akan menciptakan arus komunikasi dua arah secara timbal balik antara organisasi dengan publiknya, sehingga proses take and give informasi dari organisasi kepada publiknya berjalan lancar. Berdasarkan Latar Belakang di atas, diutarakan beberapa permasalahan yang ada, yaitu: (1) Bagaimana peran Humas pada Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang dalam mensosialisasikan progam serta kebijakan-kebijakan pemerintah daerah?, (2) Apa saja kegiatan Humas dalam membina hubungan komunikasi dengan masyarakat?, (3) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh Pegawai Humas dalam melaksanakan tugasnya?, sedangkan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini, adalah: (1) Untuk mengetahui peran Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang dalam mensosialisasikan program serta kebijakan-kebijakan pemerintah daerah, (2) Untuk mengetahui kegiatan Humas dalam membina hubungan komunikasi dengan masyarakat, (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh Pegawai Humas dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini dilakukan di Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa peran humas pada Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang sangat penting. Humas berperan sebagai perantara komunikasi dan informasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat di lingkungannya sehingga setiap program dan kebijakan dari pemerintah daerah dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Kendala yang dihadapi dalam kegiatan kehumasan pada instansi ini adalah kendalakendala yang berasal dari dalam Bagian Humas sendiri serta kendala-kendala dari luar yang berasal dari masyarakat sebagai sasaran kegiatan kehumasan yang diselenggarakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran Humas pada Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang dalam mensosialisasikan program serta kebijakan pemerintah daerah sudah dijalankan, akan tetapi masih kurang optimal dari segi hasilnya karena masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui kebijakan-kebijakan dari pemerintah daerah. Untuk itu disarankan agar Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang meningkatkan penyelenggaraan kegiatan kehumasan menjadi lebih baik, serta sedapat mungkin mengatasi kendala-kendala yang dapat menghambat kegiatan kehumasan sehingga transfer informasi dari pemerintah daerah berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Humas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: farid N fisika
Date Deposited: 14 Dec 2011 21:14
Last Modified: 14 Dec 2011 21:14

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item