PENGARUH AKSESIBILITAS, PROMOSI, SARANA DAN PRASARANA TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN OBYEK WISATA UMBUL SONGO DI KABUPATEN SEMARANG


NANANG PERMATA, 7450406010 (2011) PENGARUH AKSESIBILITAS, PROMOSI, SARANA DAN PRASARANA TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN OBYEK WISATA UMBUL SONGO DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of  PENGARUH AKSESIBILITAS, PROMOSI, SARANA DAN PRASARANA TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN OBYEK WISATA UMBUL SONGO DI KABUPATEN SEMARANG] Microsoft Word ( PENGARUH AKSESIBILITAS, PROMOSI, SARANA DAN PRASARANA TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN OBYEK WISATA UMBUL SONGO DI KABUPATEN SEMARANG)
Download (59kB)

Abstract

SARI Permata, Nanang. 2011. “Pengaruh Aksesibilitas, Promosi, Sarana dan Prasarana Terhadap Tingkat Kunjungan Obyek Wisata Umbul Songo Di Kabupaten Semarang”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. H. Muhsin, M.Si, Pembimbing II Dr. P. Eko Prasetyo, SE, M,Si. Kata Kunci : Tingkat Kunjungan, Aksesibilitas, Promosi, Sarana dan Prasarana Dewasa ini sektor pariwisata memiliki peranan cukup sentral dalam hal meningkatkan perekonomian. Keberhasilan suatu industri pariwisata tidak mampu terlepas dari tinggi rendah tingkat kunjungan wisatawannya. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh aksesibilitas, promosi, sarana dan prasarana terhadap tingkat kunjungan, dan variabel manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap tingkat kunjungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh aksesibilitas, promosi, sarana dan prasarana terhadap tingkat kunjungan dan variabel manakah yang paling dominan pengaruhnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung pada Wana Wisata Umbul Songo pada tahun 2011. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, dengan responden sebanyak 99 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -0,933 + 0,119 X1 + 0,233 X2 + 0,054 X3. Koefisien determinasi ( R2) sebesar 0,262, menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu aksesibilitas, promosi, sarana dan prasarana mampu menjelaskan varian variabel tingkat kunjungan sebesar 26,2%; dan sisanya sebesar 73,8% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini. Secara bersama-sama variabel aksesibilitas, promosi, sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap tingkat kunjungan, hal ini dapat diketahui dari uji F sebesar 11,258 dengan nilai sig. 0,000. Secara parsial, aksesibilitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel tingkat kunjungan karena nilai t hitung < t tabel (1,963 < 1,984), sama halnya dengan variabel sarana dan prasarana yang hanya memiliki t hitung sebesar 0,911 (< t tabel), sedangkan promosi secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel tingkat kunjungan karena t hitung > t tabel (5,582 > 1,984). Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif pada variabel aksesibilitas, promosi, sarana dan prasarana terhadap tingkat kunjungan. Variabel promosi memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap tingkat kunjungan pada wana wisata Umbul Songo di Kabupaten Semarang. Disarankan agar pihak pengelola lebih mampu meningkatkan promosi melalui kerjasama dengan berbagai pihak biro perjalanan wisata, menambah atraksi wisata sehingga pengunjung tidak merasa jenuh, serta senantiasa menjaga kualitas sarana dan prasarana yang ada, agar peningkatan tingkat kunjungan yang diharapkan mampu terwujud dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kunjungan, Aksesibilitas, Promosi, Sarana dan Prasarana
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 02:16
Last Modified: 15 Dec 2011 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10977

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item