MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA VOLI BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 JIPANG KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011


IRPAN AGUS MUNTARA, 6101406599 (2011) MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA VOLI BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 JIPANG KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, UNNES.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of  MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI  TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA VOLI BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 JIPANG KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011] Microsoft Word ( MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA VOLI BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 JIPANG KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Irpan Agus Muntara. 2011. Model Pembelajaran Penjasorkes Melalui Modifikasi Permainan Bola Voli Terhadap Hasil Belajar Bola Voli Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Jipang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. UNNES. Pembimbing I Drs. Cahyo Yuwono, M.Pd. Pembimbing II Dra. Heni Setyawati, M.Si. Kata kunci : Model pembelajaran, modifikasi permainan bola voli dan hasil belajar Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penjasorkes melalui modifikasi permainan bola voli terhadap peningkatan hasil belajar bola voli siswa kelas VI SD Negeri 3 Jipang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Jipang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes oleh kelas VI semester ganjil. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas VI yang berjumlah 25 siswa. Metode pokok dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data nama siswa kelas VI, observasi (pengamatan) yang digunakan untuk memperoleh data keterampilan siswa yang meliputi aspek psikomotor dan aspek afektif siswa, sedangkan angket diberikan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi modifikasi bola voli dan tanggapan atau respon siswa terhadap modifikasi bola voli. Data hasil penilaian pemahaman siswa (kognitif) siklus I sebesar 85,5 % (baik), siklus II 90,5 % (baik) setelah dianalisis dengan rumus Hake’s normalized gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,90 % dengan kriteria rendah (low gain). Data hasil pengamatan unjuk kerja psikomotor diperoleh hasil pada siklus I rata-rata mencapai 53,54 % (kurang baik) dan mengalami kenaikkan pada siklus II yang mencapai 53,72 % (kurang baik), hasil dari kedua siklus tersebut kemudian dianalisis dengan rumus Hake’s normalized gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,53 % dengan kriteria rendah (low gain). Data hasil pengamatan afektif pada siklus I mencapai 87,87 % (baik) pada siklus kedua mengalami peningkatan sebesar 93 % (baik) setelah dianalisis dengan rumus Hake’s normalized gain kemudian mengalami peningkatan sebesar 0,93 % dengan kriteria rendah (low gain). Sedangkan untuk tanggapan siswa atau respon siswa terhadap modifikasi permainan bola voli pada siklus I sebesar 85,1 % sedangkan pada siklus II sebesar 87,1 %. Secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek pernyataan dalam angket mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, modifikasi permainan bola voli dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 02:16
Last Modified: 15 Dec 2011 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10965

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item