Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Menggunakan Metode Kontekstual dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis ICT pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 2 Temanggung

Risha Devina Rahzanie , 2101407130 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Menggunakan Metode Kontekstual dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis ICT pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 2 Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Menggunakan Metode Kontekstual dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis ICT pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 2 Temanggung) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X3 SMA N 2 Temanggung belum mencapai hasil maksimal. Hal ini disebabkan sulitnya keterampilan ini dibanding dengan keterampilan berbahasa yang lain. Akibatnya, siswa kurang tertarik dalam pembelajaran dan guru enggan mengajarkan keterampilan menulis karangan argumentasi secara mendalam karena kurangnya waktu pembelajaran atau kesulitan dalam memahamkan siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses pembelajaran menulis karangan argumentasi, peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi, serta perubahan perilaku siswa kelas X3 SMA N 2 Temanggung setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kontekstual dengan menerapkan pembelajaran berbasis ICT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran menulis karangan argumentasi, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi, serta mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas X3 SMA N 2 Temanggung setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kontekstual dengan menerapkan pembelajaran berbasis ICT. Selain itu, bermanfaat bagi peneliti untuk mengembangkan cara memilih dan menggunakan media, metode, dan media dalam pembelajaran, dan juga bermanfaat bagi penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan kualitas atau mutu sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X3. Adapun sumber datanya yaitu kelas X3 yang terdiri atas 30 siswa yaitu 13 siswa putra dan 17 siswa putri. Alat pengambilan data nontes berupa pedoman observasi, pedoman catatan harian guru dan siswa, pedoman sosiometri, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X3, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kontekstual dengan menerapkan pembelajaran berbasis ICT. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas X3 SMA N 2 Temanggung yang meliputi tes kondisi awal, tes siklus I, dan tes siklus II. Pada tes prasiklus, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,1, sedangkan pada siklus I, hasil tes siswa mencapai rata-rata sebesar 70,8. Berdasarkan hal tersebut, terjadi peningkatan sebesar 2,7 atau 3,96% yaitu dari 68,1 di kondisi awal menjadi 70,8 di siklus I. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 81,67 dan termasuk dalam kategori baik, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,87 atau 15,35% yaitu dari 70,8 di siklus I menjadi 81,67 di siklus II. Hasil tes siklus II tersebut, menunjukkan bahwa dari 30 siswa, 20 siswa dinyatakan tuntas dan 10 siswa belum tuntas karena belum mencapai nilai KKM yaitu 75. Persentase ketuntasan mencapai 66,67%, ini menunjukkan bahwa target ketuntasan siswa yaitu lebih dari 50% siswa tuntas, telah tercapai. Hal ini membuktikan keberhasilan pembelajaran menulis teks berita yang dilakukan peneliti. Perilaku siswa juga mengalami perubahan menjadi lebih baik. Perubahan perilaku tersebut menunjukkan empat karakter siswa yaitu keaktifan, rasa ingin tahu, kekritisan, serta kemampuan berbagi yang berubah ke arah positif setelah dilaksanakan pembelajaran menulis karangan argumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis karangan argumentasi menggunakan metode kontekstual dengan menerapkan pembelajaran berbasis ICT, telah berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan siswa dalam menulis karangan argumentasi dan berubahnya perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memberikan saran kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan atau menerapkan metode kontekstual dan media ICT dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Peneliti di bidang pendidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media, pendekatan, maupun teknik pembelajaran yang berbeda. Selain itu, Pihak sekolah hendaknya memperhatikan sarana prasarana yang ada di sekolah, karena sarana prasarana yang lengkap dan baik akan menciptakan suasana dan proses pembelajaran baik pula

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, menulis karangan argumentasi, metode kontektual berbasis ICT.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 12 Dec 2011 20:26
    Last Modified: 12 Dec 2011 20:26

    Actions (login required)

    View Item