Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri secara Online Menggunakan Moodle untuk Membantu Pemahaman Konsep Rangkaian Logika pada Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNNES.
Wahyu Septiana, 4201405505 (2009) Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri secara Online Menggunakan Moodle untuk Membantu Pemahaman Konsep Rangkaian Logika pada Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri secara Online Menggunakan Moodle untuk Membantu Pemahaman Konsep Rangkaian Logika pada Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNNES.)
- Published Version
Download (737kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah keterbatasan ruang dan waktu menjadi kendala dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran. Bertambahnya jumlah peserta didik berpotensi mengurangi kualitas interaksi antara pendidik dan peserta didik sehingga hasil yang diharapkan tidak dapat tercapai dengan maksimal. Masalah lain yang mendasari penelitian ini adalah penggunaan bahan pembelajaran tertulis pada mata kuliah elektronika dasar 2 menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, karena bahan pembelajaran ini memiliki kekurangan dalam visualisasi pada materi gerbang logika. Berdasarkan pada latar belakang kemudian muncul permasalahan (1) seberapa besar tingkat ketertarikan user terhadap bahan pembelajaran elektronika dasar 2 secara online, (2) apakah pembelajaran mandiri secara online menggunakan moodle dapat membantu pemahaman konsep rangkaian logika pada mahasiswa jurusan fisika FMIPA UNNES. Tujuan yang dicapai yaitu (1) mengetahui tingkat ketertarikan user terhadap bahan pembelajaran elektronika dasar 2 secara online, (2) mengetahui pemahaman konsep rangkaian logika pada mahasiswa jurusan fisika FMIPA UNNES setelah melaksanakan pembelajaran mandiri secara online menggunakan moodle. Manfaat penelitian ini adalah (1) memberikan sumbangan terhadap perkembangan teknologi pendidikan secara online sebagai alternatif sistem pembelajaran yang sudah ada, (2) tersedianya suplemen yang mendukung proses pembelajaran di jurusan fisika FMIPA UNNES dalam bentuk media online berbasis moodle. Moodle adalah sebuah paket perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan mengadakan kursus/pelatihan/pendidikan berbasis internet. Moodle merupakan akronim dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan model berorientasi pada objek. Moodle dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri secara online. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode angket. Metode tes digunakan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa pada konsep rangkaian logika, sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat ketertarikan user terhadap media pembelajaran yang dikembangkan oleh penulis. Pemahaman mahasiswa diketahui dari metode tes pilihan ganda (multiple choice). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak, sedangkan prosentase tingkat ketertarikan user sebesar 70,63% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran mandiri yang dikembangkan penulis termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran mandiri secara online menggunakan moodle dan mahasiswa yang tidak menggunakan media pembelajaran mandiri secara online menggunakan moodle. Ketertarikan user termasuk dalam kategori baik, sehingga media pembelajaran mandiri tersebut dapat digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran, dan dibutuhkan penyempurnaan media pembelajaran ini dalam rangka pembelajaran yang berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, pemahaman, online, moodle, tingkat ketertarikan user |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Apr 2011 03:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1094 |
Actions (login required)
View Item |