PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 1986-2009.


Wildan Qisthi , 7450407006 (2011) PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 1986-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 1986-2009.]
Preview
PDF (PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 1986-2009.) - Published Version
Download (717kB) | Preview

Abstract

Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses dimana pemerintah daerah beserta masyarakatnya mengelola sumber-sumber daya yang ada, membentuk suatu pola kemitraan antara pemerintah daerah dan pemerintah swasta untuk menciptakan suatu lapangan kerja baru untuk dapat merangsang perkembangan kegiatan ekonomi dalam wilayah tersebut. Proses tersebut mencakup pembentukan institusi-institusi baru, pembangunan industri-industri alternatif, perbaikan kapasitas tenaga kerja yang ada untuk menghasilkan produk dan jasa yang lebih baik, identifikasi pasar-pasar baru dan pengembangan perusahaan-perusahaan baru. Berdasarkan Kriteria Tipologi Klassen, Kabupaten Pekalongan termasuk daerah relatif tertinggal yaitu baik pertumbuhan ekonomi maupun PDRB per kapitanya lebih rendah dari rata-rata Jawa Tengah. Kegiatan pembangunan di Kabupaten Pekalongan ditujukan untuk terwujudnya pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat. Hal yang penting di dalam menganalisis pertumbuhan ekonomi daerah terletak pada analisis mobilitas faktor-faktor produksi (faktor movement). Dalam penelitian ini ada 3 faktor yang akan diteliti yaitu Modal, Tenaga Kerja dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pengaruh masing-masing variabel terhadap pertumbuhan ekonomi menggunakan analisis regresi berganda dengan data time series dari tahun 1986-2009. Hasil penelitian menunjukkan tingkat Modal (KAP) berpengaruk positif dan signifikan pada taraf 5%, dengan koefisien sebesar 0,060212 dan probability sebesar 0,0000. Tenaga Kerja (TK) berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada taraf 5% dengan koefisien 17.16 dan probability sebesar 0,2005. Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh positif dan signifikan pada taraf 5%, dengan koefisien sebesar 0,024708 dan probability sebesar 0,0060. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat modal dan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pekalongan tahun 1986-2009. Berkaitan dengan penelitian ini disarankan bagi pemerintah daerah harus mampu menciptakan iklim investasi yang kondusif, melalui optimalisasi pelayanan dengan kemudahan perijinan, cepat proses memperoleh izin dengan biaya yang tidak mahal, penghapusan peraturan-peraturan daerah yang tidak pro-bisnis, serta peningkatan infrastruktur yang baik untuk mendukung investasi yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal, Tenaga Kerja, Pendapatan Asli Daerah, Pertumbuhan Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2011 07:32
Last Modified: 25 Apr 2015 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10931

Actions (login required)

View Item View Item