Pengembangan Media Menyimak Berita Berbasis Wawasan Kebangsaan bagi Siswa Kelas VIII SMP


Doni Eko Noviantoro , 2101407131 (2011) Pengembangan Media Menyimak Berita Berbasis Wawasan Kebangsaan bagi Siswa Kelas VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Menyimak Berita Berbasis Wawasan Kebangsaan bagi Siswa Kelas VIII SMP]
Preview
PDF (Pengembangan Media Menyimak Berita Berbasis Wawasan Kebangsaan bagi Siswa Kelas VIII SMP) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak berita merupakan pembelajaran yang kurang diminati siswa SMP. Siswa sering menganggap mudah pembelajaran ini. Ditambah lagi guru belum menemukan adanya media pembelajaran yang tepat. Permasalahan itu yang membuat pembelajaran menyimak berita belum memenuhi harapan. Selain masalah itu, ditemukan adanya indikasi lunturnya kecintaan siswa kepada bangsaanya sendiri atau yang biasa disebut wawasan kebangsaan. Pengembangan media pembelajaran menyimak berita perlu dilakukan untuk membuat siswa semangat belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Penelitian ini dirancang untuk menghasilkan media pembelajaran menyimak berita. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji tiga hal, yaitu: (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan; (2) prototipe media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan; dan (3) saran perbaikan dan penilaian prototipe media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan oleh ahli dan guru. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan, (2) mengembangkan media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan, dan (3) memperoleh penilaian dan saran perbaikan guru dan ahli terhadap media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg (1983:779), tentunya dengan sedikit penyesuaian. Tahapan-tahapan tersebut antara lain (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk media pembelajaran menyimak berita, (4) validasi desain media pembelajaran menyimak berita, (5) revisi desain media pembelajaran menyimak berita. Subjek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan bagi siswa kelas VIII SMP. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan yang diperoleh dari siswa dan guru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskrispsi kualitatif. Setelah penelitian dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) simpulan tentang kebutuhan media pembelajaran menyimak berita yang dibutuhkan guru dan siswa adalah media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan; (2) simpulan tentang prototipe media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan didesain sesuai kebutuhan yaitu menarik dan memiliki cakupan materi yang lengkap, yakni berkaitan dengan media pembelajaran menyimak berita bebasis wawasan kebangsaan; (3) simpulan tentang penilaian dan perbaikan prototipe media pembelajaran menyimak berita.Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli, yaitu (1) dimensi pembungkus CD, perolehan nilai rata-rata, yaitu 89,58 dengan ketegori baik, (2) dimensi karakteristik media pembelajaran menyimak berita, perolehan nilai ratarata, yaitu 95 dengan kategori baik, (3) dimensi isi media pembelajaran, perolehan nilai rata-rata, yaitu 87,5 dengan kategori baik. Perbaikan yang dilakukan terhadap media pembelajaran menyimak berita berbasis wawasan kebangsaan, yaitu (1) perbaikan desain pembungkus CD meliputi warna, gambar, dan jenis tulisan, (2) dimensi bentuk, perbaikan pada dimensi ini meliputi perbaikan beberapa bentuk tombol dan perubahan warna latar belakang, (3) perbaikan isi media pembelajaran, yaitu dengan melengkapi materi menyimak berita, video berita yang disimak, dan juga penambahan suara dalam materi. Saran yang disampaikan dalam penelitian adalah (1) bagi guru, hendaknya mengembangkan media pembelajaran menyimak berita yang menarik, menyenangkan, dan mencerdaskan agar siswa dapat mencapai kompetensi yang diinginkan dan tidak merasa bosan, (2) bagi siswa, selain mendapatkan materi di dalam kelas, siswa hendaknya lebih aktif mencari materi tambahan di luar kelas, khususnya materi menyimak berita, dan (3) bagi peneliti yang lain, hendaknya perlu diadakan pengembangan terhadap media pembelajaran menyimak berita untuk melengkapi kekurangan pada media pembelajaran menyimak berita yang telah ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, menyimak berita, wawasan kebangsaan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2011 07:27
Last Modified: 25 Apr 2015 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10930

Actions (login required)

View Item View Item