Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011
Anang Bagus Darmawan , 4201407044 (2011) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum KTSP yang sekarang ini diterapkan oleh pemerintah menekankan pada partisipasi siswa dalam proses belajar-mengajar. Konsep proses belajar - mengajar yang berpusat pada guru diubah menjadi konsep pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam pembelajaran para peserta didik diajak ke dalam suatu situasi yang menciptakan iklim bahwa keberhasilan mereka tergantung pada aktivitas mereka dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) Penelitian ini menggunakan metode Pretest-Postest Control Group Design. Terdiri dari tahap persiapan, tahap uji coba tes, tahap pelaksanaan dan tahap analisis hasil penelitian. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah : (1) Nilai pre tes, (2) Nilai post tes, dan (3) Data observasi aktivitas siswa. Dari data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian kelas eksperimen memiliki rata – rata 24,47 dan kelas kontrol memiliki rata – rata 20,79. Kelas kontrol dan kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar. Hasil uji kesamaan dua rata – rata menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil observasi aktivitas belajar peserta didik, diperoleh skor rata – rata aktivitas kelas eksperimen sebesar 43,28 dan kelas kontrol sebesar 36,34. Hasil uji kesamaan dua rata – rata menunjukkan adanya perbedaan aktivitas belajar pada kedua sampel. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share berbantuan lembar kerja siswa lebih baik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dibandingkan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative learning, think pair share, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Dec 2011 07:19 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10928 |
Actions (login required)
View Item |