Efektivitas media lagu dalam meningkatkan penguasaan hiragana siswa kelas X SMA Negeri 1 Temanggung


Novi Deriska Kumalasari , 2302407013 (2011) Efektivitas media lagu dalam meningkatkan penguasaan hiragana siswa kelas X SMA Negeri 1 Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas media lagu dalam meningkatkan penguasaan hiragana siswa kelas X SMA Negeri 1 Temanggung.]
Preview
PDF (Efektivitas media lagu dalam meningkatkan penguasaan hiragana siswa kelas X SMA Negeri 1 Temanggung.) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Huruf merupakan salah satu unsur yang penting dalam bahasa Jepang. Dalam sistem penulisannya, bahasa Jepang mengkombinasikan 4 jenis huruf, yakni kanji (漢字), hiragana (ひらがな, 平仮名), dan katakana (カタカナ, 片仮名). Selain itu ada juga huruf romaji yang merupakan sistem alih aksara. Dalam mempelajari huruf Jepang dibutuhkan suatu media pembelajaran yang tepat untuk mempermudah sistem belajar mengajar. Dalam hal ini, untuk meningkatkan penguasaan hiragana, penulis menawarkan media lagu sebagai media pembelajaran. Media lagu tergolong dalam media audio. Melalui media lagu diharapkan pengajar bisa memberikan nuansa yang berbeda dari yang sebelumnya dengan harapan peserta didik lebih cepat memahami materi yang akan disampaikan. Diharapkan dengan adanya hiburan melalui musik mampu membuat peserta didik tertarik dan menaruh minat terhadap apa yang akan diajarkan. Lagu merupakan salah satu media yang dianggap efektif membuat seluruh perhatian peserta didik terfokuskan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah media lagu efektif atau tidak untuk meningkatkan penguasaan hiragana siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu menguji efektivitas media lagu dalam pembelajaran hiragana. Pengambilan sampel dari populasi dilakukan dengan teknik sampel random. Metode penelitian menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi dilakukan dengan meminta daftar nama siswa yang digunakan dalam penelitian, kepada tata usaha sekolah. Metode tes dilakukan dengan memberikan tes sesudah pembelajaran atau disebut juga postes. Tes tersebut digunakan untuk memperoleh data mengenai nilai siswa sesudah mempelajari hiragana pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus T-test diperoleh =3,53, untuk db 60 = 1,67. Karena lebih besar dari maka hipotesis yang berbunyi ‟‟media lagu efektif dalam meningkatkan penguasaan hiragana siswa kelas X SMA negeri 1 Temanggung‟‟, diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media lagu, Hiragana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2011 07:12
Last Modified: 25 Apr 2015 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10926

Actions (login required)

View Item View Item