Peningkatan Kemampuan Merefleksi Isi Puisi dengan Teknik Parafrasa dan Media Video(VCD) Sinematisasi Puisi pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gabus Tahun Ajaran 2010/2011
Tri Riyanti , NIM 2101407187 (2011) Peningkatan Kemampuan Merefleksi Isi Puisi dengan Teknik Parafrasa dan Media Video(VCD) Sinematisasi Puisi pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gabus Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Kemampuan Merefleksi Isi Puisi dengan Teknik Parafrasa dan Media Video(VCD) Sinematisasi Puisi pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gabus Tahun Ajaran 2010/2011.)
- Submitted Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan merefleksi isi merupakan satu kebutuhan dalam rangka mencapai pemahaman siswa terhadap isi puisi suatu puisi yang kemudian direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, diketahui bahwa tingkat merefleksi isi puisi siswa siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Gabus masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni faktor teknik pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan merefleksi isi puisi tersebut, peneliti mencoba memberikan solusi dengan menggunakan teknik parafrasa dan media video (VCD) sinematisasi puisi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan merefleksi isi puisi siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Gabus setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik parafrasa dan media video (VCD) sinematisasi puisi; dan (2) bagaimanakah perubahan tingkah laku belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Gabus dalam mengikuti pembelajaran melalui teknik parafrasa dengan menggunakan media video (VCD) sinematisasi puisi. Berdasarkan permasalahan yang dikaji, penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan merefleksi isi puisi siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Gabus setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik parafrasa dan media video (VCD) sinematisasi puisi; (2) mendeskripsikan perubahan tingkah laku belajar siswa kelas VII F SMP Negeri Gabus dalam mengikuti pembelajaran dengan teknik parafrasa dan menggunakan media video (VCD) sinematisasi puisi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kemampuan merefleksi isi puisi dengan teknik parafrasa dan media video (VCD) sinematisasi puisi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Gabus tahun ajaran 2010/211. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah kemampuan merefleksi isi puisi dan variabel penggunaan teknik parafrasa dan media video (VCD) sinematisasi puisi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman catatan harian, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian kemampuan merefleksi isi puisi siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata merefleksi isi puisi mencapai 71,11. Setelah dilakukan tindakan siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 80,92. Hasil tes tersebut mengalami peningkatan sebesar 9,81 dari siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 14,73 dari prasiklus. Peningkatan kemampuan merefleksi isi puisi siswa ini diikuti pula dengan perubahan perilaku negatif menjadi positif pada siklus II, siswa sudah terlihat lebih aktif, berani mengungkapkan pendapatnya, antusias, bersemangat, dan lebih konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran dengan teknik parafrasa dan media video (VCD) sinematisasi puisi. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan yaitu: (1) guru mata pelajaran bahasa Indonesia kiranya dapat memanfaatkan teknik parafrasa sebagai salah satu alternatif untuk memberikan variasi dalam pembelajaran kemampuan merefleksi isi puisi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Gabus, (2) bagi sekolah dengan fasilitas multimedia, media video (VCD) sinematisasi puisi diharapkan dapat dijadikan pilihan media dalam pembelajaran kemampuan merefleksi isi puisi pada siswa kelas VII F SMP, (3) para praktisi atau peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik dan media yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif media pembelajaran merefleksi isi puisi untuk siswa kelas VII F SMP.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | merefleksi isi puisi, teknik parafrasa, dan media video (VCD) sinematisasi puisi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Dec 2011 06:55 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10923 |
Actions (login required)
View Item |