Pelaksanaan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal


Iftania , 3401407070 (2011) Pelaksanaan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal.]
Preview
PDF (Pelaksanaan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran di dalam kelas diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi, otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupannya sehari-hari. Akibatnya, ketika anak didik lulus dari sekolah, mereka pintar secara teoritis, tapi mereka miskin aplikasi. Oleh karena itu, maka dalam pembelajaran di sekolah, siswa harus dilatih dan dibiasakan untuk berpikir kreatif, logis, dan analitis, salah satunya adalah dengan membuat Mind Mapping. Berdasarkan observasi awal dan wawancara terhadap guru dan murid SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal yang telah dilakukan peneliti, bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal menggunakan model pembelajaran Mind Mapping meskipun belum sempurna dan tidak setiap saat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal, (2) mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri I Boja. Fokus penelitiannya adalah: (1) pelaksanaan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal (2) hambatan-hambatan dalam pelaksanaan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Kewarganegaraan dan siswa SMA Negeri I Boja Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dari teknik triangulasi yang dicapai dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraa sudah cukup baik, guru melakukan persiapan dahulu sebelum melaksanakan model pembelajaran Mind Mapping dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, guru menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan membimbing dan memberikan arahan pada siswa saat siswa membuat Mind Mapping dan melakukan presentasi, serta mendampingi siswa saat diskusi dan tanya jawab. Dampak dari dilaksanakannya model pembelajaran Mind Mapping yaitu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengungkapkan pendapat, keberanian bertanya, antusiasme siswa dan kerjasama siswa dalam menyelesaikan tugas belajarnya. Mind Mapping yang dihasilkan siswa sudah cukup bagus. Sebagian besar hasil Mind Mapping mereka terlihat sudah sesuai dengan materi pelajaran, begitupula dengan gambar-gambar visual yang dihasilkan,. Siswa pun antusias dan senang sekali saat membuat Mind Mapping. Sebagian besar siswa secara aktif terlibat dalam membuat Mind Mapping. Kerjasama juga dilakukan untuk membuat Mind Mapping yang sebaik-baiknya. Dengan membuat Mind Mapping, siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar sehingga mereka menjadi lebih mudah dalam mengingat materi pelajaran. Respon siswa terhadap model pembelajaran Mind Mapping pun sangat tinggi. Sebagian besar siswa merasa tertarik dan tertantang untuk membuat Mind Mapping, meskipun respon siswa sebagian kecil ada yang kurang senang terhadap model pembelajaran Mind Mapping. Hambatan-hambatan juga ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran Mind Mapping antara lain hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal meliputi kurangnya konsentrasi sebagian kecil siswa sehingga kesulitan dalam menentukan kata kunci, kreatifitas sebagian kecil siswa karena kesulitan dalam menentukan dan membuat gambar-gambar maupun simbol visual. Sedangkan hambatan eksternal meliputi terbatasnya sumber belajar karena sebagian besar siswa hanya mempunyai LKS, hanya beberapa siswa saja yang mempunyai buku paket Pendidikan Kewarganegaraan, dan terbatasnya alokasi waktu yang hanya 2 jam pelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) Bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan agar bisa meminimalkan hambatanhambatan dalam pembelajaran Mind Mapping yaitu dengan mendorong dan membiasakan siswa untuk berpikir imajinatif dan kreatif serta memanfaatkan waktu seoptimal mugkin agar waktu yang ada tidak terbuang sia-sia, sehingga pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran dapat berhasil dengan baik. (2) Bagi siswa, dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping untuk memaksimalkan waktu yang ada dan lebih meningkatkan lagi kreativitas dalam latihan membuat Mind Mapping agar dapat menghasilkan Mind Mapping yang lebih baik lagi, serta lebih mengeksplor semua hal yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi sumber belajar dari media massa seperti, koran, majalah, atau sumber belajar dari internet. (3) Bagi sekolah yang ingin menerapkan model pembelajaran Mind Mapping, maka bisa dipadukan dengan media ICT karena dengan ICT dapat membantu dalam membuat Mind Mapping yaitu dengan menggunakan aplikasi membuat Mind Map, sehingga mempermudah dalam membuat Mind Mapping sehingga dapat lebih memaksimalkan keberhasilan pembelajaran Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pembelajaran, Model Pembelajaran Mind Mapping
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2011 04:15
Last Modified: 25 Apr 2015 08:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10917

Actions (login required)

View Item View Item