Pengembangan model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas V SD. Negeri Grabag 1 Tahun Pelajaran 2010/2011.
Thomas Yanto , 6102909087 (2011) Pengembangan model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas V SD. Negeri Grabag 1 Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengembangan model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas V SD. Negeri Grabag 1 Tahun Pelajaran 2010/2011.)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mengatasi pembelajaran Senam khususnya latihan keseimbangan gerak yang menghadapi kendala masalah sarana dan prasarana yang kurang di SD. Negeri Grabag 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yaitu Metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu:1).Penelitian dan pengumpulan informasi awal(Penelitian dan pengumpulan informasi yang meliputi kajian pustaka, pengamatan atau observasi lapangan)2).Perencanaan(mencakup tujuan khusus untuk menentukan bahan, dan uji coba skala kecil, dalam hal ini adalah merumuskan tujuan khusus yang ingin dicapai oleh produk yang ingin dikembangkan) 3).Pengembangan produk awal(Pengembangan format produk awal yang mencakup bahan-bahan pembelajaran berupa bahan cetak urutan proses yang dilengkapi dengan alat evaluasi).4).Uji Coba Awal(data hasil wawancara dan observasi dikumpulkan kemudian dianalisis).5).Revisi Produk(dilakukan berdasarkan uji coba awal tentang produk yang dikembangkan) 6).Uji coba I (14 siswa) 7).Revisi Produk yang dikerjakan berdasarkan hasil uji coba I dengan melibatkan subyek 14 siswa , ini dimaksudkan untuk menentukan keberhasilan produk dalam mencapai tujuan dan mengumpulkan informasi yang dapat dipakai untuk meningkatkan program untuk keperluan perbaikan berikutnya.8).Uji lapangan II menggunakan 46 subyek dan disertai wawancara , observasi , dan penyampaian Kuesioner dilanjutkan analisis.9).Revisi Produk Akhir yaitu revisi yang dikerjakan berdasar uji lapangan.10).Implementasi Penyampaian hasil pengembangan (proses, program, atau produk) kepada para pengguna dan profesional dalam bentuk laporan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan model pembelajaran di area persawahan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Keseimbangan Gerak dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas V SD. Negeri Grabag 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, dari data evaluasi ahli diperoleh nilai baik yaitu 86,33 dan hasil kusioner siswa diperoleh jawaban sebesar 75,60 % masuk kategori baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan dapat diterapkan di SD. Negeri Grabag 1 kecamatan Grabag dan dapat pula sebagai bahan acuan di Sekolah-Sekolah yang lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Dec 2011 04:07 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10916 |
Actions (login required)
View Item |