Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Tradisional Bentengan Pada Siswa Kelas Tinggi Di SD Negeri Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2010/2011


Rubi Bangun Suhendrik , 6101407058 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Tradisional Bentengan Pada Siswa Kelas Tinggi Di SD Negeri Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Tradisional Bentengan Pada Siswa Kelas Tinggi Di SD Negeri Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Tradisional Bentengan Pada Siswa Kelas Tinggi Di SD Negeri Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran permainan tradisional bentengan pada siswa kelas tinggi di SD Negeri Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran permainan tradisional bentengan pada siswa kelas tinggi di SD Negeri Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas tinggi SD Negeri Sidakangen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak (random sampling). Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : (1) melakukan pendahuluan dan pengumpulan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan benteng pendem), (3) evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (40 siswa), (6) revisi produk yang dilakukan berdasarkan uji lapangan, (7) hasil model pembelajaran permainan tradisional bentengan pada siswa kelas tinggi SD Negeri Sidakangen yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa kelas tinggi SD Negeri Sidakangen), dan uji lapangan (40 siswa kelas tinggi SD Negeri Sidakangen). Data evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua guru penjasorkes SD) diperoleh jawaban untuk kategori tidak baik 0%, kurang baik 0%, cukup baik 30,95%, baik 59,52%, dan sangat baik 9,52%. Data uji lapangan kuesioner siswa diperoleh jawaban untuk kategori tidak baik 0%, kurang baik 0%, cukup baik 10%, baik 30%, dan sangat baik 60%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran permainan tradisional bentengan baik, mencapai nilai rata-rata 88,93%. Sehingga hasil pengembangan efektif dalam pembelajaran penjasorkes kelas tinggi SD Negeri Sidakangen. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SD Negeri Sidakangen dapat memanfaatkan model pengembangan model pembelajaran ini dan dapat menambahkan variasi-variasi yang lebih kreatif atau inovatif dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Tradisional Bentengan Pada Siswa Kelas Tinggi
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2011 04:04
Last Modified: 25 Apr 2015 08:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item