(ABSTRAK) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MULTIMEDIA POWERPOINT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 KAJEN PEKALONGAN TAHUN 2009/2010


UNSPECIFIED (2010) (ABSTRAK) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MULTIMEDIA POWERPOINT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 KAJEN PEKALONGAN TAHUN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 12308_A.pdf]
Preview
PDF
Download (401kB) | Preview
[thumbnail of (ABSTRAK) PERBEDAAN  HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MULTIMEDIA POWERPOINT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL  DI SMP NEGERI 1 KAJEN PEKALONGAN TAHUN 2009/2010]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MULTIMEDIA POWERPOINT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 KAJEN PEKALONGAN TAHUN 2009/2010) - Published Version
Download (401kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pendidikan keberhasilan proses belajar mengajar merupakan hal utama yang dianggap penting. Metode dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh terhadap hasil proses belajar mengajar. Pembelajaran yang paling banyak disukai dan sering digunakan oleh guru yaitu dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Oleh karena itu guru/ fasilitator perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Salah satu media yang dapat menunjang pembelajaran di antaranya adalah media komputer. Salah satu program yang cocok digunakan sebagai media pembelajaran adalah dengan program Microsoft PowerPoint, dengan fasilitas-fasilitas yang ada seperti animasi, suara, maupun hyperlink, tampilan pembelajaran menjadi lebih bervariasi. Berdasarkan pengamatan peneliti di SMP N 1 Kajen menunjukkan adanya kegiatan pembelajaran geografi yang dilakukan guru mata pelajaran geografi dengan menggunakan media PowerPoint dan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Permasalahan yang di kaji adalah adakah perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan multimedia PowerPoint dan pembelajaran konvensional dan Seberapa besar perbedaan hasil pembelajaran geografi antara yang menggunakan multimedia PowerPoint dan pembelajaran konvensional pokok bahasan Atmosfer dan Hidrosfer pada siswa kelas VII SMP N 1 Kajen Pekalongan tahun 2009/2010. Tujuan Penelitian ini yaitu Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi siswa kelas VII antara pembelajaran yang menggunakan multimedia PowerPoint dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Atmosfer dan Hidrosfer di SMP N 1 Kajen Pekalongan dan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar geografi pada pembelajaran yang menggunakan multimedia PowerPoint dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Atmosfer dan Hidrosfer di SMP N 1 Kajen Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Kajen yang berjumlah 268 siswa. Untuk memperoleh sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampel (sampel bertujuan) sebanyak 2 kelas. Analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal di mana nilai untuk masing-masing data kurang dari pada dk=3 yaitu 7,81 dan pada uji kesamaan dua varian menunjukkan = 1,5168< = 1,7 sehingga dikatakan kedua kelompok mempunyai varian yang sama (homogen). Setelah itu dilanjutkan uji t-test diperoleh = 1,704 > =1,66. Pada taraf signifikasi 5% dengan dk =78 maka di tolak dan di terima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut dan berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 76,50 dan pada kelompok kontrol sebesar 73,93, dapat diketahui perbedaan hasil pembelajaran antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 8,5%, maka kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Saran yang di berikan untuk meningkatkan proses pembelajaran khususnya pembelajaran geografi maka diharapkan menggunakan multimedia PowerPoint dalam melaksanakan proses pembelajaran, Mengadakan Pelatihan Penggunaan berbagai macam media terutama menggunakan multimedia PowerPoint yang dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII, Menambah jumlah media yang terbatas seperti LCD dan komputer agar memudahkan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan multimedia PowerPoint.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia PowerPoint, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 12 Dec 2011 03:47
Last Modified: 12 Dec 2011 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10908

Actions (login required)

View Item View Item