Studi Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.


Prawesti Ika Wijayanti , 4201405552 (2009) Studi Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.]
Preview
PDF (Studi Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.) - Published Version
Download (442kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika pada umumnya masih didominansi guru dengan metode ceramah dan kurang melibatkan aktivitas siswa melakukan kerja ilmiah, akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran fisika sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Guru perlu mengubah strategi mengajar yang lama dengan strategi mengajar baru yang memungkinkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Salah satunya melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan metode pembelajaran sains yang mengacu pada suatu cara untuk mempertanyakan, mencari pengetahuan, informasi atau mempelajari suatu gejala (Koes, 2003: 12) dengan bimbingan yang luas dari guru. Dengan pembelajaran inkuiri terbimbing diharapkan dapat mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu hal yang mengganggu dan menghambat kemajuan belajarnya dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 7 Semarang pada pokok bahasan cahaya melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksperimen yang dilaksanakan dengan mengambil sampel dua kelas dari delapan kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data peningkatan hasil belajar kognitif diperoleh dari pre test dan post test, sedangkan data mengenai kesulitan belajar diperoleh dari analisis soal yang diujikan. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesulitan belajar fisika pada pokok bahasan cahaya yang meliputi kesulitan memahami materi, kesulitan mengaitkan hubungan antar konsep, kesulitan mengerti rumus, kesulitan mengoperasikan rumus untuk menyelesaikan soal. Secara umum prosentase kesulitan belajar pada kelas eksperimen lebih kecil daripada kelas kontrol. Hal itu diikuiti dengan meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen secara signifikan setelah dilakukan pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengatasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan cahaya yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Untuk lebih meningkatkan efektifitas pembelajaran inkuiri terbimbing diperlukan kreatifitas guru dalam merancang percobaan dan pembelajaran inkuiri terbimbing perlu dikembangkan lebih lanjut dengan pokok bahasan atau materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, hasil belajar, inkuiri terbimbing
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Apr 2011 02:37
Last Modified: 25 Apr 2015 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item