PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA SD DI KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA

Refita Elif Setiyawati, 3201406535 (2011) PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA SD DI KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
PDF ( PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA SD DI KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Download (104Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Setiyawati, Refita Elif. 2010. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah Pada Siswa SD Di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Drs. Sutardji, Dr. Dewi Liesnoor Setyowati, M.Si. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Kebersihan Lingkungan Sekolah Pengetahuan tentang lingkungan perlu diberikan sejak dini agar dapat memberikan pemahaman yang mendalam akan pentingnya lingkungan bagi manusia sehingga dapat menghasilkan warga Negara yang mempunyai perilaku yang bertanggungjawab terhadap lingkungannya dan menumbuhkan rasa kesadaran lingkungan. Meskipun sudah mendapat pengetahuan lingkungan di sekolah, realitanya beberapa SD di kecamatan welahan kabupaten Jepara masih banyak siswa yang tidak peduli dengan lingkungannya. Pengetahuan, sikap dan perilaku mereka tentang kebersihan lingkungan di sekolah masih rendah. Untuk itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana pengetahuan, sikap dan perilaku tentang kebersihan lingkungan. Karena siswa SD masih mudah dibina untuk mengajak mereka mencintai lingkungan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengetahuan, sikap dan perilaku tentang kebersihan lingkungan sekolah pada siswa SD di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui bagaimana pengetahuan siswa tentang kebersihan lingkungan sekolah, (2) untuk mengetahui bagaimana sikap siswa tentang kebersihan lingkungan sekolah, (3) untuk mengetahui bagaimana perilaku siswa tentang kebersihan lingkungan sekolah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan sampel bertujuan (purposive sample) dengan dasar pertimbangannya adalah mengambil siswa kelas 5 sebagai informan utama dan berdasarkan sarana yang dimiliki di sekolah tersebut dan sesuai untuk penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah bagaimana pengetahuan, sikap dan perilaku tentang kebersihan lingkungan sekolah pada siswa SD di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara yang meliputi pengetahuan, sikap dan perilaku siswa tentang pengelolaan sampah, MCK, ruang pembelajaran dan taman hijau. Variabel dalam penelitian ini termasuk variabel tunggal, dimana variabel tunggal tidak terikat dengan variabel lain. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi : (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) interview (wawancara), (4) angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan tehnik analisis frekuensi. Tehnik ini digunakan untuk memberikan deskriptif atau pembahasan hasil penelitian yang masih berupa skor (angka). Hasil perhitungan skor dari responen pada seluruh pertanyaan, kemudian dipresentasekan untuk menentukan gejala yang diteliti dan selanjutnya dideskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Pengetahuan siswa tentang kebersihan lingkungan sekolah di SDN 01 Kalipucang Wetan termasuk dalam kategori baik (54,1%), di SDN 01 Kalipucang Kulon termasuk dalam kategori baik (44,1%) dan di SDN 01 Ujungpandan termasuk dalam kategori baik (60,9%). Pengetahuan tentang kebersihan lingkungan sekolah pada siswa SD di Kecamatan Welahan kategori baik(71,1%). (2) Sikap siswa tentang kebersihan lingkungan sekolah di SDN 01 Kalipucang Wetan termasuk dalam kategori sangat baik (67,6%), di SDN 01 Kalipucang Kulon termasuk dalam kategori sangat baik (55,9%) dan di SDN 01 Ujungpandan termasuk dalam kategori baik (65,2%). Sikap tentang kebersihan lingkungan sekolah pada siswa SD di Kecamatan Welahan kategori sangat baik (84,4%). (3) Perilaku siswa tentang kebersihan lingkungan sekolah di SDN 01 Kalipucang Wetan termasuk dalam kategori sangat baik (67,6%), di SDN 01 Kalipucang Kulon Perilaku termasuk dalam kategori sangat baik (76,6%) dan di SDN 01 Ujungpandan termasuk dalam kategori baik (39,1%). Perilaku tentang kebersihan lingkungan sekolah pada siswa SD di Kecamatan Welahan kategori sangat baik (86,9%). Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagi Sekolah; Sekolah sebaiknya melengkapi sarana dan prasarana untuk kebersihan lingkungan sekolah dan rutin mengadakan kegiatan kebersihan sekolah agar siswa terbiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah, (2) Bagi Guru; Meningkatkan pengetahuan siswa tentang kebersihan lingkungan sekolah terutama dalam pengelolaan sampah, agar tercipta suatu sikap dan perilaku yang ramah terhadap lingkungan sekolah. Jika melihat siswa yang tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, sebaiknya ditegur langsung dan diberi sanksi agar siswa tetap mempunyai kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah, (3) Bagi siswa; Kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan saja, melainkan tanggung jawab bersama. Maka, siswa diharapkan dapat meningkatkan sikap dan perilaku tentang kebersihan lingkungan sekolah agar sekolah terlihat bersih, terutama dalam pengelolaan sampah dan kebersihan taman. .

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Kebersihan Lingkungan Sekolah
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: syaiful imam fisika
    Date Deposited: 11 Dec 2011 19:22
    Last Modified: 14 Dec 2011 21:15

    Available Versions of this Item

    Actions (login required)

    View Item