Keefektifan PAKEM dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Kebumen Tahun Ajaran 2008/2009 dalam Sub Materi Pokok Jajargenjang dan Belahketupat”.


Rinda Haryani , 4101405588 (2009) Keefektifan PAKEM dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Kebumen Tahun Ajaran 2008/2009 dalam Sub Materi Pokok Jajargenjang dan Belahketupat”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan PAKEM dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Kebumen Tahun Ajaran 2008/2009 dalam Sub Materi Pokok Jajargenjang dan Belahketupat”.]
Preview
PDF (Keefektifan PAKEM dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Kebumen Tahun Ajaran 2008/2009 dalam Sub Materi Pokok Jajargenjang dan Belahketupat”.) - Published Version
Download (761kB) | Preview

Abstract

Menurut PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan pada pasal 19, ayat 1 berbunyi: “Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik”. Salah satu pembelajaran yang menerapkan prinsip tersebut adalah PAKEM.dengan penemuan terbimbing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah PAKEM dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif terhadap aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik jika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori peserta didik kelas VII semester 2 SMP Negeri 3 Kebumen tahun ajaran 2008/2009 pada sub materi pokok jajargenjang dan belahketupat. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C, VII D, VII E, VII F dan VII G tahun ajaran 2008/2009 SMP Negeri 3 Kebumen. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data awal digunakan metode dokumentasi yakni mengambil data nilai raport semester 1, sedangkan data akhirnya diperoleh dari pengamatan aktivitas dalam proses pembelajaran dan tes akhir yang berupa soal pilihan ganda yang memuat indikator-indikator pemahaman konsep. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t). Dari pengamatan melalui lembar pengamatan diperoleh rata-rata aktivitas peserta didik eksperimen = 76,25 dan ekspositori = 55, berarti rata-rata aktivitas peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari kontrol. Berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata (pihak kanan) dengan uji t diperoleh t = 3,8280, sedangkan dari tabel diperoleh thitung(0.95,77) = 1,6650, karena t > t(0.95,77) maka Ho ditolak, hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) PAKEM dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif terhadap aktivitas peserta didik jika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori (2) PAKEM dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif terhadap pemahaman konsep peserta didik jika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Pemahaman Konsep, PAKEM, Penemuan Terbimbing, Segiempat.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Apr 2011 02:31
Last Modified: 25 Apr 2015 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item