Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus, Partisipasi Anggota dan Permodalan terhadap SHU PRIMKOPPOL Resor Kendal


Eni Winarni, 7101406089 (2010) Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus, Partisipasi Anggota dan Permodalan terhadap SHU PRIMKOPPOL Resor Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus, Partisipasi Anggota dan Permodalan terhadap SHU PRIMKOPPOL Resor Kendal] Microsoft Word (Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus, Partisipasi Anggota dan Permodalan terhadap SHU PRIMKOPPOL Resor Kendal) - Published Version
Download (57kB)

Abstract

Eni Winarni. 2010. Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus, Partisipasi Anggota dan Permodalan terhadap SHU PRIMKOPPOL Resor Kendal. Skripasi, Program Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Drs. Fx Sukardi, Dosen Pembimbing II: Dr. Sucihatiningsih DWP, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Manajerial Pengurus, Partiipasi Anggota, Permodalan dan SHU. Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat dan sebagai suatu badan usaha mempunyai peran dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur, maju, sejahtera. PRIMKOPPOL Resor Kendal yang merupakan koperasi fungsional merupakan koperasi yang berada di jajaran kepolisian Resor Kendal diharapkan mempleroleh SHU yang selalu meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1). Bagaimana dedkripsi kemapuan manajerial pengurus, partisipasi anggota, permodalan koperasi terhadap SHU, 2). Adakah pengaruh kemampuan manajerial pengurus, partisipasi anggota dan permodalan terhadap SHU baik secara simultan maupun parsial, 3). Seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial pengurus, partisipasi anggota dan permodalan terhadap sisa hasil usaha koperasi PRIMKOPPOL Resor Kendal baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian adalah anggota PRIMKOPPOL Resor Kendal yang terdaftar menjadi anggota dan menjadi anggota lebih dari satu tahun, dalam menentukan sampel menggunakan Proportional Area Random Sampling dengan persentase kelonggaran 10% dan diperoleh sampel 90 responden sebagai sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Kemampuan Manajerial Pengurus (X1), Partisipasi Anggota (X2), Permodalan (X3) serta variabel terikat yaitu SHU. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikan 0.05. Berdasarkan analisis regresi menunjukan adanya pengaruh x1, x2 dan x3 terhadap SHU secara simultan maupun parsial. Hal tersebut dapat diketahui dari uji F dan t. Dari uji F diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000<0,05 hal. Dari uji t diketahui nilai signifikansi x1 yaitu 0,035 <0,05, x2 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan x3 dengan nilai signifikansi 0,003<0,05.. Disarankan agar Koperasi membuka cabang koperasi di tiap polsek, agar para anggota meningkatkan partisipasi dalam melakukan transaksi pada koperasi agar koperasi memperoleh pendapatan yang tinggi sehingga sisa hasil usaha mengalami kenaikan yang tinggi kemampuan manajerial pengurus lebih ditingkatkan terutama dalam pelaporan keuangan selain itu agar pihak Dinas Koperasi Pembinaan Usaha Kecil kabupaten Kendal dapat melakukan pembimbingan terus-menerus, terutama dalam pendidikan perkoperasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial Pengurus, Partiipasi Anggota, Permodalan dan SHU.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2011 00:23
Last Modified: 12 Dec 2011 00:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item View Item