PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN BOLA LIMA GAWANG DALAM PENJASORKES MELALUI KAJIAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN BAGI SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI TUGU LOR 02 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2011
Darmono , 6102909168 (2011) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN BOLA LIMA GAWANG DALAM PENJASORKES MELALUI KAJIAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN BAGI SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI TUGU LOR 02 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN BOLA LIMA GAWANG DALAM PENJASORKES MELALUI KAJIAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN BAGI SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI TUGU LOR 02 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2011)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bentuk model pengembangan bermain bola dengan menggunakan lima gawang melalui kajian lingkungan persawahan yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV dan V SD Negeri Tugu Lor 02 Kecamatan Karanganyar Kahupaten Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran bermain bola empat gawang bagi siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi,termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan bermain bola lima gawang), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir modifikasi model permainan bermain bola lima gawang untuk siswa kelas IV dan V SD Negeri Tugu Lor 02 yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli Pembelajaran), uji coba kelompok kecil (14 siswa Kelas IV dan V SD Negeri Tugu Lor 02), dan uji lapangan ( 32 siswa Kelas IV dan V SD Negeri Tugu Lor 02). Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektik siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 78,6 % (baik), ahli Pembelajaran I 77,33 % (baik), ahli Permbelajaran II 85,20 % (baik), , uji coba kelompok kecil 98,07 % (sangat baik), dan uji lapangan 96,46 % (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui permainan bermain bola lima gawang ini dapat digunakan bagi siswa kelas IV dan V SD Negeri Tugu Lor 02 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes SD untuk menggunakan produk model pembelajaran sepakbola melalui permainan bermain bola lima gawang ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bola, model pembelajaran |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 09 Dec 2011 07:15 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10844 |
Actions (login required)
View Item |