Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Sharet (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas X Semester II MAN Kendal dalam Materi Pokok Trigonometri


Fazlurrahman, 4101406077 (2011) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Sharet (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas X Semester II MAN Kendal dalam Materi Pokok Trigonometri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Sharet  (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas X Semester II MAN Kendal dalam Materi Pokok Trigonometri]
Preview
PDF (Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Sharet (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas X Semester II MAN Kendal dalam Materi Pokok Trigonometri) - Published Version
Download (253kB) | Preview

Abstract

Rahman, Fazlur. 2010. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Sharet (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas X Semester II MAN Kendal dalam Materi Pokok Trigonometri. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Unnes. Drs.Amin Suyitno, M.Pd dan Isnaini Rosyidah, S.Si, M.Si. Kata kunci: trigonometri, think pair share Pembelajaran matematika dengan pembelajaran TPS ini diharapkan dapat mengurangi rasa takut yang dialami oleh para peserta didik, meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik, serta membantu peserta didik untuk mencapai ketuntasan belajar. Permasalahan dalam penelitian ini: (1) apakah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat mencapai ketuntasan belajar?, (2) apakah hasil belajar matematika peserta didik yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada peserta didik yang dikenai model pembelajaran ekspositori dalam materi pokok Trigonometri pada peserta didik MAN kelas X?. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Kendal tahun pelajaran 2009/2010. Sampel ditentukan dengan pengambilan sampel secara langsung sehingga terpilih kelas X A sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran TPS dan kelas X B sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran ekspositori. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji kesamaaan rata-rata dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen = 79,25 dan nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas kontrol = 71,4; dengan n1 = 40 dan n2 = 40 didapat nilai = 1,99. Taraf signifikansi dan dk = 78, diperoleh nilai = 1,66; dengan demikian > .Uji ketuntasan belajar diperoleh nilai , menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar dan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen > 65. Simpulan penelitian ini: (1) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi Trigonometri dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, (2) Peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi trigonometri dapat mencapai ketuntasan belajar sesuai KKM yang telah ditentukan. Saran penelitian ini adalah: (1) guru dapat melakukan variasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Trigonometri agar minat dan semangat peserta didik dalam belajar tumbuh dan berkembang, (2) guru harus dapat mengkondisikan siswa aktif dalam pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa,dan (3) perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: trigonometri, think pair share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2011 00:24
Last Modified: 12 Dec 2011 00:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10821

Actions (login required)

View Item View Item