UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMPN 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING)


SITI PARIYAH, 4101906129 (2007) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMPN 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMPN 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING)]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMPN 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING)) - Published Version
Download (974kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan agar tujuan atau kompetensi dari hasil belajar yang diharapkan akan cepat dapat tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Model pembelajaran CTL merupakan model pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Model pembelajaran dengan CTL mempunyai tujuh komponen, yaitu: konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, permodelan, Refleksi, penilaian yang sebenarnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIID SMP N 14 Semarang pada materi pokok lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran dengan model pembelajaran CTL. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII D beserta guru matematika SMPN 14 Semarang tahun pelajaran 2006/2007. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan setiap akhir siklus diadakan evaluasi. Tiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Pelaksanaan penelitian dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 76,07 dan ketuntasan hasil belajarnya 80,95%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,29 dan ketuntasan hasil belajarnya 92,86%. Keaktifan siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 70,83% dan pertemuan kedua mencapai 75%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama adalah 77,08% dan pertemuan kedua adalah 81,25%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Saran yang disampaikan adalah hendaknya guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu model pembelajaran adalah model pembelajaran CTL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 02:12
Last Modified: 25 Apr 2015 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item