Pengaruh Penerapan PAKEM Melalui Pendekatan IBL Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.

Anik Setiyowati , 4301405003 (2009) Pengaruh Penerapan PAKEM Melalui Pendekatan IBL Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Penerapan PAKEM Melalui Pendekatan IBL Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.) - Submitted Version
Download (550Kb)

    Abstract

    Pembelajaran akan optimal apabila siswa tidak hanya menerima materi begitu saja, akan tetapi siswa harus aktif mencari dan menemukan pengetahuanya sendiri, sehingga diharapkan peningkatan hasil belajar. Akan tetapi pembelajaran yang sering dijumpai di sekolah tidak sesuai dengan tujuan belajar tersebut, sehingga perlu penerapan PAKEM melalui pendekatan IBL. Pemilihan pendekatan IBL karena materi Ksp merupakan salah satu materi yang membutuhkan pemahaman mendalam dan pendekatan IBL merupakan salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan aktifitas serta kreatifitas siswa, sehingga dengan menerapkan PAKEM melalui pendekatan IBL akan meningkatkan aktitifitas serta kreatifitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan PAKEM melalui pendekatan IBL terhadap hasil belajar materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan serta besarnya kontribusi pengaruhnya. Instrumen dalam penelitian ini adalah: lembar penilaian aktivitas siswa(di kelas maupun di laboratorium), lembar penilaian kreativitas siswa, angket dan soal post test. Dengan desain penelitian pre test-post test control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IA SMA N 5 Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Setelah uji homogenitas, populasi bersifat homogen dan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, kelas IA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas IA2 sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data terdiri dari: dokumentasi, tes, observasi serta angket. Analisis data penelitian secara garis besar dibedakan menjadi tiga, yaitu: analisis instrumen, analisis data populasi (awal) dan analisis data akhir (hasil belajar). Dari analisis data akhir (post test) diperoleh thitung sebesar 5,357 dan ttabel sebesar 1,99, karena thitung> dari ttabel, maka hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan ada tidaknya pengaruh dianalisis dengan koefisien korelasi biserial sebesar 0,6466 dengan kriteria kuat. Rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen dan kontrol adalah sebesar 78,32 dan 73,95. Sedangkan rata-rata kreativitas kelas eksperimen dan kontrol adalah sebesar 73,025 dan 69,45. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan PAKEM melalui pendekatan IBL terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 41,81%. Dari penilaian aktivitas dan kreativitas siswa, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar aktivitas dan kreativitas kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dan pembelajaran yang dilaksanakan menyenangkan. Saran yang disampaikan adalah guru supaya menerapkan PAKEM melalui pendekatan IBL sebagai salah satu alternatif pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: PAKEM, pendekatan IBL, hasil belajar, kelarutan, hasil kali kelarutan
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 08 Dec 2011 22:38
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:05

    Actions (login required)

    View Item