Perbedaan Latihan Pukulan Lob Berpola dan Latihan Pukulan Lob Bebas Tidak Berpola terhadap Hasil Pukulan Lob dalam Permainan Bulutangkis pada Atlet PB. Pendowo Semarang Tahun 2008.

MOCHAMAD ABDUL AZIZ , NIM. 6101402068 (2008) Perbedaan Latihan Pukulan Lob Berpola dan Latihan Pukulan Lob Bebas Tidak Berpola terhadap Hasil Pukulan Lob dalam Permainan Bulutangkis pada Atlet PB. Pendowo Semarang Tahun 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perbedaan Latihan Pukulan Lob Berpola dan Latihan Pukulan Lob Bebas Tidak Berpola terhadap Hasil Pukulan Lob dalam Permainan Bulutangkis pada Atlet PB. Pendowo Semarang Tahun 2008.) - Submitted Version
Download (811Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah ada perbedaan latihan pukulan lob berpola dan latihan pukulan lob bebas tidak berpola terhadap hasil pukulan lob dalam permainan bulutangkis pada atlet PB. Pendowo Semarang tahun 2008?, dan 2 Apabila ada, manakah yang lebih baik antara latihan pukulan lob berpola dan latihan pukulan lob bebas tidak berpola terhadap hasil pukulan lob dalam permainan bulutangkis pada atlet PB. Pendowo Semarang tahun 2008?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui perbedaan latihan pukulan lob berpola dan pukulan lob bebas tidak berpola terhadap hasil pukulan lob dalam permainan bulutangkis pada atlet PB. Pendowo Semarang tahun 2008, dan 2) Untuk mengetahui hasil yang lebih baik antara latihan pukulan lob berpola dan dan latihan pukulan bebas tidak berpola terhadap hasil pukulan lob dalam permainan bulutangkis pada atlet PB. Pendowo Semarang tahun 2008. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet klub PB. Pendowo Semarang yang berjumlah 20 atlet. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu mengambil seluruh anggota populasi sebanyak 20 orang sebagai sampel penelitian. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu latihan pukulan lob berpola dan bebas tidak berpola sebagai variabel bebas serta hasil pukulan lob sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian ada perbedaan latihan pukulan lob berpola dengan latihan pukulan lob bebas tidak berpola terhadap hasil pukulan lob dalam permainan bulutangkis pada atlet PB. Pendowo Semarang tahun 2008 dibuktikan dari hasil uji t yang memperoleh thitung > = 2,818 dengan signifikansi 0,020 < batas kesalahan 5% atau 0,05. Diantara latihan pukulan lob berpola dan latihan pukulan lob bebas tidak berpola memberikan hasil lebih baik terhadap hasil pukulan lob adalah latihan pukulan lob berpola. Saran yang dapat peneliti ajukan berdasarkan hasil penelitian di atas yaitu: 1) Dalam upaya meningkatkan kemampuan melakukan pukulan lob pada permainan bulutangkis dapat menggunakan metode latihan dengan umpan tetap, karena metode latihan smash dengan umpan tetap memiliki hasil yang lebih baik bila dibandingkan dengan metode latihan pukulan lob berpola, dan 2) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis diharapkan untuk mengambil metode latihan yang lain seperti dengan pendekatan bermain sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pembanding untuk mendapatkan metode yang paling baik dalam meningkatkan ketepatan pukulan lob.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pukulan Lob Berpola, Lob Tidak Berpola, Permainan Bulutangkis
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 08 Dec 2011 22:30
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:05

    Actions (login required)

    View Item