Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dan TAI (Teams AssistedIndividualization) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bawang Pada Materi Pokok Segi empat.


Dodik Apriliyanto , 4101406502 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dan TAI (Teams AssistedIndividualization) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bawang Pada Materi Pokok Segi empat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dan TAI (Teams AssistedIndividualization) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bawang Pada Materi Pokok Segi empat.]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dan TAI (Teams AssistedIndividualization) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bawang Pada Materi Pokok Segi empat.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa SMP masih mengalami kesulitan dalam belajar matematika, khususnya pada materi geometri seperti bangun datar khususnya pada materi pokok segi empat. Hal itu terjadi dikarenakan materi geometri yang bersifat abstrak, untuk memahaminya diperlukan adanya visualisasi untuk memperbaiki proses pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TAI dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran ini, siswa akan belajar dalam suatu tim untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk memecahkan permasalahan yang dianggap sulit. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP N 1 Bawang pada materi pokok segi empat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 2 di SMP Negeri 1 Bawang dengan materi pokok segi empat. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling sebagai wakil dari populasi yang terbagi atas 2 kelompok. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah siswa setelah memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TAI dan nilai mid semester genap. Dalam pembelajaran keberhasilan yang ditetapkan adalah dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase lebih dari atau sama dengan 80%. Berdasarkan perhitungan uji pada penelitian ini diperoleh zhitung = 1,975 dan z tabel = 1,64 dengan α= 0,05. Karena zhitung > -ztabel maka hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada kelompok eksperimen I lebih baik dari kelas eksperimen II. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan pemecahan siswa kelas VIII SMP N 1 Bawang pada materi pokok segi empat. Oleh karena itu disarankan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT seharusnya digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan pembelajaran kooperatif tipe NHT perlu diadakan tindak lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran NHT, Pembelajaran TAI, kemampuan pemecahan masalah, segi empat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 09 Dec 2011 02:59
Last Modified: 25 Apr 2015 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10791

Actions (login required)

View Item View Item