Penerapan Media Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berkelompok Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Bidang Adminidtrasi Perkantoran Kelas XI-AP 1 Di SMK Tamansiswa Kudus.


Kurnia Marinda Sari , 7101407125 (2011) Penerapan Media Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berkelompok Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Bidang Adminidtrasi Perkantoran Kelas XI-AP 1 Di SMK Tamansiswa Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Media Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berkelompok Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Bidang Adm. Perkantoran Kls XI-AP 1 di SMK Tamansiswa Kudus]
Preview
PDF (Penerapan Media Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berkelompok Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Bidang Adm. Perkantoran Kls XI-AP 1 di SMK Tamansiswa Kudus) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan media teka-teki silang pada pembelajaran stenografi yang menggunakan model pembelajaran berkelompok tipe numbered heads together, pada kegiatan belajar mengajar harus disertai dengan interaksi siswa. Sehingga siswa akan merasa lebih senang dan semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar stenografi menggunakan media teka-teki silang dengan model pembelajaran berkelompok tipe numbered heads together. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-AP 1 SMK Tamansiswa Kudus Tahun Ajaran 2011/2012, yang berjumlah 43 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel input-output dan variabel proses. Hasil penelitian siklus I yaitu hasil rata-rata secara keseluruhan pada aspek menulis huruf stenografi ke dalam media teka-teki silang sebesar 85, aspek menulis kalimat ke dalam bentuk stenografi mencapai rata-rata sebesar 84, dan aspek membaca huruf stenografi dan kalimat stenografi mencapai rata-rata sebesar 66,5. Hal ini perlu di adakan perbaikan ke Siklus berikutnya, karena aspek membaca huruf stenografi dan kalimat stenografi masih dibawah KKM. Hasil belajar pada siklus II, yaitu jumlah Siklus II secara keseluruhan mencapai rata-rata sebesar 96 pada aspek menulis huruf stenografi dengan media teka-teki silang, aspek menulis kalimat ke dalam stenografi mencapai nilai rata-rata sebesar 93, sedangkan aspek membaca huruf stenografi dan kalimat stenografi mencapai nilai rata-rata sebesar 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa dari setiap aspek siklus I ke siklus II mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Observasi perubahan perilaku siswa mengalami peningkatan siklus II sebesar 80%. Kinerja guru mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90%. Aktivitas semangat belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80%. Lembar wawancara siklus I dan siklus II, menyatakan bahwa siswa sangat setuju dengan adanya model terbaru dalam pembelajaran stenografi dengan media teka-teki silang yang menggunakan model pembelajaran berkelompok tipe numbered heads together. Sedangkan distirbusi jawaban frekuensi jurnal siswa dengan rata-rata sebesar 66,55% yang memiliki semangat yang sangat tinggi, dan 20,19% yang semangatnya tinggi terhadap penerapan media teka-teki silang dengan model pembelajaran berkelompok tipe numbered heads together. Berdasarkan penelitian adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan semangat belajar siswa yang tinggi pada pembelajaran stenografi dengan media teka-teki silang yang menggunakan model pembelajaran berkelompok tipe numbered heads together.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Teka-Teki Silang, Model Pembelajaran NHT, Stenografi, Semangat Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 08 Dec 2011 07:01
Last Modified: 25 Apr 2015 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item