Efektifitas Penggunaan Kunci Determinasi Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Di SMP Negeri 4 Temanggung.

Adikusoma Suryoatmojo , 4401405073 (2011) Efektifitas Penggunaan Kunci Determinasi Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Di SMP Negeri 4 Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektifitas Penggunaan Kunci Determinasi Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Di SMP Negeri 4 Temanggung.) - Submitted Version
Download (13Mb)

    Abstract

    Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat menumbuhkan segala aspek kemampuan siswa sehingga ketuntasan dalam belajar dapat tercapai.Kurangnya kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan afektif dapat mempengaruhi ketuntasan belajarnya.Siswa SMP N 4 Temanggung masih mengalami kesulitan mempelajari biologi khususnya pembelajaran klasifikasi tumbuhan yang banyak menggunakan nama ilmiah yang menyebabkan siswa agak malas mempelajarinya. Siswa kurang optimal dalam menyerap materi karena pemberian materi menggunakan metode ceramah (Teacher-centered) secara penuh, dan kurang variatif. Padahal lingkungan mendukung untuk diadakan pembelajaran yang mengaktifkan siswa (Student-Centered). Tujuan dari penelitian untuk menentukan efektifitas penggunaan kunci determinasi dengan pendekatan JAS pada materi klasifikasi tumbuhan di SMP Negeri 4 Temanggung. Penelitian ini menggunakan desain One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Temanggung 2010/2011. Sampel terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas VII A, VII B, dan VII D diambil secara acak menggunakan cluster random sampling. Data meliputi aktivitas siswa, hasil belajar siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dengan kriteria sangat tinggi dan tinggi81.4 %. Secara keseluruhan 88.1 % siswa telah tuntas belajar materi klasifikasi tumbuhan. Siswa yang menyatakan penggunaan kunci determinasi membantu dalam memahami materi dan memotivasi belajar biologi mencapai 94.07 %. Guru beranggapan strategi pembelajaran yang digunakan menarik dan menyenangkan, serta dapat membantu siswa memahami materi klasifikasi tumbuhan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kunci determinasi dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar efektif digunakan pada materi keanekaragaman tumbuhan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kunci determinasi, pendekatan Jelajah Alam Sekitar, materi keanekaragaman tumbuhan
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Q Science > QK Botany
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 07 Dec 2011 23:45
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:03

    Actions (login required)

    View Item