Keefektifan Metode QQOQCCP dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Nasional Pati.


Uun Nilafanti , 2301405026 (2011) Keefektifan Metode QQOQCCP dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Nasional Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Metode QQOQCCP dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Nasional Pati.]
Preview
PDF (Keefektifan Metode QQOQCCP dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Nasional Pati.) - Submitted Version
Download (883kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan aktivitas mental untuk memahami pihak lain melalui sarana tulisan. Dalam dunia pendidikan aktivitas dan tugas membaca merupakan sutu hal yang tidak dapat ditawar-tawar. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa hendaknya menaruh perhatian yang cukup terhadap usaha peningkatan kemampuan kemauan membaca siswa khususnya bahasa Prancis, maka dibutuhkan metode yang memudahkan siswa dalam memahami sebuah bacaan, yaitu metode qqoqccp dengan menggunakan teks sederhana sebagai langkah awal penerapan metode ini. Metode qqoqccp adalah salah satu metode/cara dalam memudahkan proses pembelajaran khususnya untuk memahami bacaan bahasa Prancis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode qqoqccp dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas XI SMA Nasional Pati dalam memahami bacaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nasional Pati. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 38 siswa sehingga seluruh populasi dijadikan responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nama dan jumlah siswa, sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai keefektifan metode qqoqccp dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas XI untuk memahami bacaan. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumus KR-20. Hasil soal yang dikerjakan siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode qqoqccp dalam keterampilan membaca siswa mempunyai pengaruh positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai responden pada tes. Pada tes rata-rata nilai siswa yaitu 83 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Berdasarkan pada standar kriteria penilaian di SMA, nilai 80 termasuk dalam kriteria baik. Perhitungan dengan rumus K-R.21 menghasilkan = 0,862 sedangkan untuk N=6 adalah 0,811. Hal ini berarti bahwa lebih besar dari (0,862>0,811). Sehingga hipotesis ”Metode qqoqccp dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SMA dalam keterampilaan membaca” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Metode qqoqccp, Bahasa Prancis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 08 Dec 2011 04:28
Last Modified: 25 Apr 2015 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10746

Actions (login required)

View Item View Item