PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA AL-IRSYAD TEGAL


Fitria Septiana, 3301404564 (2011) PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA AL-IRSYAD TEGAL. Other. Fakultas Ekonomi UNNES, SEMARANG.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA AL-IRSYAD TEGAL] Microsoft PowerPoint (PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA AL-IRSYAD TEGAL) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Nilai siswa harus memenuhi Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM) sebagai ukuran bahwa penyerapan siswa mengenai mata diklat akuntansi sudah baik, namun hasil observasi awal menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi, disiplin belajar, metode pembelajaran. Rumusan masalahnya adalah : adakah pengaruh antara motivasi, disiplin belajar, metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA AL-IRSYAD Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA AL-IRSYAD Tegal yang berjumlah 149 siswa. Sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda dengan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 47,263 + 0,173 X1 + 0,146 X2 + 0,248 X3. Kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 16,89%. Kontribusi disiplin belajar terhadap prestasi belajar sebesar 9,79%. Kontribusi metode pembelajaran terhadap prestasi belajar sebesar 12,46%. Besarnya pengaruh secara koefisien determinasi untuk motivasi, disiplin belajar dan metode pembelajaran sebesar 77,1%. Sebesar 22,9% dari prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara motivasi, disiplin belajar dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. cara menyenangi mata pelajaran akuntansi, sehingga siswa akan giat dalam belajar. Pihak guru sebaiknya mencari metode yang sesuai dengan karakteristik dari masing-masing materi pelajaran yang diberikan sehingga siswa akan bersemanggat dalam belajarnya.

Item Type: Monograph (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Disiplin Belajar, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2011 03:07
Last Modified: 08 Dec 2011 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item