Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Sekolah dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Program Keahlian Keuangan SMK PGRI Batang Tahun Ajaran 2010/2011.


Budi Rahayu , NIM. 7101407014 (2011) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Sekolah dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Program Keahlian Keuangan SMK PGRI Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Sekolah dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Program Keahlian Keuangan SMK PGRI Batang Tahun Ajaran 2010/2011.]
Preview
PDF (Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Sekolah dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Program Keahlian Keuangan SMK PGRI Batang Tahun Ajaran 2010/2011.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar kelas X Keuangan mata pelajaran akuntansi di SMK PGRI Batang belum maksimal. Banyak siswa yang mendapat nilai akuntansi dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal ini disebabkan adanya faktor intern maupun faktor ekstern, diantaranya adalah kecerdasan emosional, lingkungan sekolah, dan cara belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan sekolah, dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas X Keuangan SMK PGRI Batang tahun ajaran 2010/2011, pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas X Keuangan SMK PGRI Batang tahun ajaran 2010/2011, pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas X Keuangan SMK PGRI Batang tahun ajaran 2010/2011, pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas X Keuangan SMK PGRI Batang tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Keuangan SMK PGRI Batang yang berjumlah 137 siswa. Variabel yang diteliti adalah kecerdasan emosional, lingkungan sekolah dan cara belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 8,456 + 0,189X1 + 0,297X2 + 0,264X3. Kontribusi pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan sekolah dan cara belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas X Keuangan SMK PGRI Batang sebesar 54,7%. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar sebesar 11,1%, pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 14,4%, dan pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar sebesar 14,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan sekolah, dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas X SMK PGRI Batang tahun ajaran 2010/2011. Saran penulis antara lain sebaiknya guru dapat memberikan pengarahan kepada siswa untuk dapat mengelola, dan mengendalikan emosi serta dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran menjadi lebih baik, siswa hendaknya belajar dengan cara belajar paling efektif bagi dirinya dan membuat jadwal belajar secara teratur dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Lingkungan Sekolah, Cara Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 08 Dec 2011 02:59
Last Modified: 25 Apr 2015 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10736

Actions (login required)

View Item View Item