Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Praktek Sistem Mikroprosesor Menggunakan Kit Trainer MPA-22 Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang


Unggul Hari Pambudi , 5301406011 (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Praktek Sistem Mikroprosesor Menggunakan Kit Trainer MPA-22 Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Praktek Sistem Mikroprosesor Menggunakan Kit Trainer MPA-22 Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang]
Preview
PDF (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Praktek Sistem Mikroprosesor Menggunakan Kit Trainer MPA-22 Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perangkat Pembelajaran adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Berbagai jenis perangkat pembelajaran adalah lembar informasi, operation sheet, jobsheet, worksheet, hand out, modul, RPP, silabus, dsb. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu unsur dalam proses belajar mengajar. Selain metode pembelajaran, media pembelajaran juga diperlukan sebagai variasi pembelajaran selain menggunakan metode konvensional, sehingga memudahkan mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan serta dapat dipergunakan secara berulang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menguji bahan ajar berupa Perangkat Pembelajaran Kit Trainer MPA-22 Menggunakan Mikroprosesor 8086 untuk mata Kuliah Praktek Sistem Mikroprosesor di Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang selama satu semester. Kit Trainer MPA-22 merupakan alat trainer dalam bentuk satu kesatuan ukuran 45 x 34 cm yang didalamnya sudah terdapat mikroprosesor 8086. Trainer ini telah diuji di laboratorium Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Untuk kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran untuk melengkapi trainer tersebut. Data dikumpulkan dengan teknik angket. Perangkat Pembelajaran ini telah diuji cobakan pada responden tim ahli yang dilakukan di jurusan teknik elektro Universitas Negeri Semarang. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif yang kemudian ditransformasikan ke dalam kalimat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: telah dihasilkan perangkat pembelajaran Kit Trainer MPA-22 Mikroprosesor 8086 pada mata kuliah Praktek Sistem Mikroprosesor. Menurut penguji ahli, produk yang dihasilkan baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Praktek Sistem Mikroprosesor. Saran yang diberikan penulis yaitu 1) perlu dirancang perangkat pembelajaran Kit Trainer MPA-22 Mikroprosesor 8086 versi 2 yang dilengkapi dengan aplikasi modul keluaran, kelemahan ini harapannya diperbaiki pada pengembangan selanjutnya, 2) kepada instansi perguruan tinggi diharapkan agar bahan ajar ini dipergunakan sebagai media pembelajaran, 3) untuk langkah selanjutnya bahan ajar dikembangkan lagi sehingga bisa menjadi produk jual dari Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang ke instansi pendidikan lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Praktek Sistem Mikroprosesor, Kit Trainer MPA-22
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 08 Dec 2011 02:44
Last Modified: 25 Apr 2015 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10734

Actions (login required)

View Item View Item