Analisis Buku Biologi SMP Kelas VII Semester I dan II Berdasarkan Kurikulum KTSP Yang Digunakan Di Kabupaten Blora


Dwi Lestari Arinto Puji , 4401405609 (2011) Analisis Buku Biologi SMP Kelas VII Semester I dan II Berdasarkan Kurikulum KTSP Yang Digunakan Di Kabupaten Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Buku Biologi SMP Kelas VII Semester I dan II Berdasarkan Kurikulum KTSP Yang Digunakan Di Kabupaten Blora.]
Preview
PDF (Analisis Buku Biologi SMP Kelas VII Semester I dan II Berdasarkan Kurikulum KTSP Yang Digunakan Di Kabupaten Blora.) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar penggunaan buku ajar sangat membantu guru dalam proses transfer ilmu. Buku ajar merupakan sumber belajar bagi siswa, namun buku juga dapat dijadikan sebagai acuan bagi guru. Buku pada hakekatnya merupakan sarana komunikasi tulis yang mendokumentasikan sekaligus menyampaikan informasi yang dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman pembacanya serta dijadikan acuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.Rumusan masalah penelitian ini bagaimana kebenaran konsep dan gambar, bagaimana kesesuaian petunjuk praktikum dengan 4 skill, bagaimana tingkat keterbacaan, bagaimana pendapat guru tentang tingkat kesesuaian berdasarkan BSNP di kabupaten Blora.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui kebenaran konsep dan gambar, untuk mengetahui kesesuaian petunjuk praktikum dengan 4 skill dan nama kegiatan; integrasi antara tujuan, manipulative, dan thinking skill; keterlaksanaan, untuk mengetahui tingkat keterbacaan, untuk mengetahui pendapat guru tentang tingkat kesesuaian berdasarkan BSNP di kabupaten Blora. Penelitian ini dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi.Berdasarkan hasil analisis kualitas isi buku pelajaran IPA materi biologi penerbit Erlangga penulis Sumarwan dkk. Tahun 2007 jilid 1B didapatkan 6 kesalahan konsep, dan 17 kesalahan gambar,15 kekurangan dalam petunjuk praktikum, 4,76% peringkat sesuai dalam keterbacaan, 86,22% dengan kriteria sangat sesuai dengan BSNP. Sedangkan IPA materi biologi penerbit Erlangga penulis TIM ABDI GURU didapatkan 4 kesalahan konsep, dan 4 kesalahan gambar, 14 kekurangan dalam petunjuk praktikum, 33,33% peringkat sesuai dalam keterbacaan, dengan 84,67% kriteria sangat sesuai dengan BSNP. Simpulan penelitian buku IPA materi biologi penerbit Erlangga penulis Sumarwan dkk. Tahun 2007 jilid 1B dan penerbit Erlangga penulis TIM ABDI GURU sudah sesuai digunakan untuk kelas VII di Kabupaten Blora. Peneliti menyarankan agar guru yang menggunakan kedua buku tersebut diharapkan dapat memperhatikan kesalahan-kesalahan yang ada pada buku sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku IPA, Tingkat Keterbacaan, Keselamatan Kerja Laboratorium, Kesesuaian Konsep dan Gambar, Kesesuaian BSNP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Dec 2011 02:28
Last Modified: 25 Apr 2015 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10731

Actions (login required)

View Item View Item