PENGARUH KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPA) (Studi Empiris pada Universitas Diponegoro dan Unisbank Semarang)
Gilang Perdana Kusuma, 7250406016 (2011) PENGARUH KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPA) (Studi Empiris pada Universitas Diponegoro dan Unisbank Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPA) (Studi Empiris pada Universitas Diponegoro dan Unisbank Semarang))
- Published Version
Download (564kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Profesi Akuntansi merupakan jenjang pendidikan tambahan yang ditujukan bagi seorang lulusan sarjana ekonomi jurusan akuntansi yang ingin mendapatkan gelar Akuntan. Yusuf (2000) menyatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas profesi akuntan atau kompetensi diperlukan pendidikan profesional yang berkelanjutan yaitu Pendidikan Profesi Akuntansi. Stole (1976) menyatakan bahwa berkarir di Kantor Akuntan Publik (KAP) merupakan suatu karir yang memberikan penghargaan secara finansial dan pengalaman bekerja yang bervariasi. Penelitian ini menarik permasalahan bahwa apakah ada pengaruh kompetensi dan pengembangan karir terhadap minat untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan pengembangan karir secara parsial dan simultan terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Jumlah sampel yang digunakan untuk penelitian sebanyak 93 mahasiswa yang mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi di Undip dan Unisbank Semarang. Variabel dalam penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu kompetensi dan pengembangan karir dan satu variabel terikat yaitu minat mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian pada uji F (uji simultan) bahwa variabel kompetensi dan pengembangan karir secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa kompetensi dan pengembangan karir berpengaruh terhadap minat mahasiswa sebesar 45,5% sedangkan 54,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Uji t pada variabel kompetensi dan pengembangan karir menunjukkan bahwa kompetensi dan pengembangan karir secara parsial mempengaruhi minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh antara kompetensi dan pengembangan karir terhadap minat mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Saran yang dapat diberikan adalah materi praktik audit lebih diperdalam agar dalam pengaplikasian di dunia kerja bisa teliti sehingga menghasilkan laporan hasil audit yang akurat. -----------------------------------------------> Professional Accounting is an additional level of education which is intended for a graduate degree in economics majoring in accounting who wish to obtain a degree of Accountants. Yusuf (2000) stated that the accounting profession to improve the quality or competence required continuing professional education of Professional Accounting. Stole (1976) states that a career in Public Accounting Firm (KAP) is a career that is financially rewarding and varied work experience. This research is interesting problem that whether there is influence of competence and career development of student interest to participate in Professional Accounting. The purpose of this study was to analyze the influence of competence and career development partially and simultaneously to interest students to follow the Professional Accounting. Sampling method used in this study was random sampling. The samples used for the study were 93 students who follow the Professional Accounting at Diponegoro University and Unisbank Semarang. The variables in this study used two independent variables: competence and career development and one dependent variable is student interest. Data collection method used in this study was questionnaire. The analytical tool used is multiple linear regression. Based on the research known to the F test (simultan test) means that the competence and career development variables jointly affect student interest in Professional Accounting. Determinant coefissiens indicate means the competence and career development affect the interests of students at 45.5% while 54.5% are influenced by other variables. T test on the variables of competence and career development variables indicate means competence and career development wise partial test jointly affect student interest in Professional Accounting The conclusion of this study is there is influence between competence and career development of student interest to participate in Professional Accounting Professional Accounting. Advice can be given is more deepened audit practice material for the application in the world can work closely so as to produce an accurate audit report.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi dan Pengembangan Karir, Minat Mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi. Competence and Career Development, Student Interest in Professional Accounting. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 08 Dec 2011 01:58 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10722 |
Actions (login required)
View Item |