Pengaruh Motivasi, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS Di SMA Negeri 8 Purworejo


Rasista Damayanti , 7101407078 (2011) Pengaruh Motivasi, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS Di SMA Negeri 8 Purworejo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS Di SMA Negeri 8 Purworejo]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS Di SMA Negeri 8 Purworejo) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan output yang diperoleh atau dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar di sekolah melalui evaluasi yang diwujudkan dalam bentuk angka atau huruf. Data observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IS SMA Negeri 8 Purworejo rata-rata belum tuntas KKM, hal ini mengindikasikan bahwa proses belajar mengajar yang dilaksanakan belum optimal. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern (motivasi) dan ekstern (cara belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah). Permasalahan yang dikaji adalah, apakah ada pengaruh motivasi, cara belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 8 Purworejo secara parsial, apakah ada pengaruh cara belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Akuntansi melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 8 Purworejo secara parsial. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh motivasi, cara belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 8 Purworejo secara parsial, mengetahui adanya pengaruh cara belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar melalui motivasi sebagai variabel intervening pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 8 Purworejo secara parsial. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 119 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 100 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian sampeli. Variabel dalam penelitian yaitu endogen meliputi Hasil belajar (Y) dan eksogen meliputi motivasi (X1), cara belajar (X2), lingkungan keluarga (X3), dan lingkungan sekolah (X4). Metode pengumpulan data: dokumentasi, angket. Metode analisis data yaitu analisis data dan interpretasi skor, analisis konfirmatori, analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan uji asumsi SEM yang terdiri dari uji normalitas dan outliers. Hasil penelitian menggunakan analisis SEM menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung antara cara belajar terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 25,10%, ada pengaruh langsung antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 25,80%, ada pengaruh langsung antara motivasi terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 27,40% dan ada pengaruh tidak langsung antara cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi dengan melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Pengaruh CB  M sebesar 31,80%, LK  M sebesar 26%, dan M HB sebesar 27,40% sehingga pengaruh CB secara tidak langsung yaitu CB→M→HB sebesar 8,71%, LK secara tidak langsung yaitu LK→M→HB sebesar 7,12%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi siswa untuk meningkatkan cara belajarnya. Pihak orang tua diharapkan dapat memberikan perhatian kepada anaknya dalam belajar. Pihak guru diharapkan melakukan pendekatan dengan siswa dengan melakukan komunikasi di luar jam pelajaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengidentifikasi indikator lain yang berpengaruh terhadap hasil belajar yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Dec 2011 01:37
Last Modified: 25 Apr 2015 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10716

Actions (login required)

View Item View Item