FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK N I PUNGGELAN BANJARNEGARA


Ristian Cahyo S, 7101406652 (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK N I PUNGGELAN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI  BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK N I PUNGGELAN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK N I PUNGGELAN BANJARNEGARA) - Published Version
Download (656kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu ukuran keberhasilan dalam belajar mengajar. Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkatan keberhasilan siswa yaitu adanya ketetapan kriteria ketuntasan minimum yang telah ditentukan. Tinggi rendahnya nilai yang dicapai oleh siswa dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu intelegensi, minat, bakat dan motivasi. Sedangkan faktor ekstern adalah lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Permasalahan yang dikaji adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan seberapa besar faktor tersebut mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi prestasi belajar, mengetahui seberapa besar faktor intern dan ekstern berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N I Punggelan Banjarnegara Tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 113 dengan menggunakan sampel sebanyak 57 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu faktor intern, faktor ekstern dan prestasi belajar. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menggunakan SPSS 13 diperoleh persamaan regresi Ŷ = 43,461 + 0,182 + 0,193 . Uji keberartian dengan uji F diperoleh sebesar 23.517 dengan signifikansi 0.000 < 0,05. Dengan demikian menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar siswa sebesar 46.6%. Hasil uji parsial diperoleh untuk variabel faktor internal sebesar 4.459 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh yang nyata antara faktor internal terhadap prestasi belajar siswa sebesar 26.9%. Nilai untuk variabel faktor eksternal sebesar 3.609 dengan signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa sebesar 19.5%. Simpulan bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK N 1 Punggelan Banjarnegara tahun pelajaran 2009/2010 yaitu faktor internal yang terdiri atas intelegensi, minat, bakat, motivasi dan faktor eksternal yang terdiri atas lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Besarnya pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK N 1 Punggelan Banjarnegara tahun pelajaran 2009/2010, secara parsial besarnya pengaruh faktor internal adalah 26.9 % dan faktor eksternal sebesar 19.5%. Secara simultan besarnya pengaruh faktor internal dan faktor eksternal adalah 46.6%. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah mengenai alat/media pembelajaran yang terbatas, sebaiknya pihak sekolah diharapkan untuk menambah jumlah buku paket dan buku literatur yang ada di sekolah agar siswa mempunyai sumber belajar yang lengkap sehingga dapat memperlancar penerimaan bahan pelajaran yang diberikan oleh guru. mengenai guru yang dalam mengajar masih banyak menggunakan metode konvensional, sebaiknya guru pada waktu mengajar untuk lebih kreatif dalam menggunakan metode mengajar seperti metode jigsaw, group investigation, mind maping, dan lain sebagainya yang membuat siswa lebih aktif dalam dalam proses pembelajaran mengingat materi kewirausahaan yang padat. Selain itu juga diharapkan guru untuk memanfaat media yang ada dalam setiap pertemuan dengan optimal guna mendukung kelancaran proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor intern, faktor ekstern, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2011 01:16
Last Modified: 25 Apr 2015 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item View Item