(ABSTRAK) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. STARFOOD JAYA PRIMA KUDUS

AUFA FARID, 7350406539 (2011) (ABSTRAK) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. STARFOOD JAYA PRIMA KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. STARFOOD JAYA PRIMA KUDUS) - Published Version
Download (118Kb)

    Abstract

    PT. Starfood Jaya Prima Kudus adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam produksi makanan dan minuman ringan. Dari survei awal diketahui bahwa masih terdapat kelemahan dalam kinerja karyawan yang yang dilihat dari tingginya tingkat tidak kehadiran karyawan dan indisipliner karyawan yang dapat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Permasalahan yang dikaji adalah sejauh mana pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Starfood Jaya Prima Kudus sebanyak 150 orang. Sampel ditentukan dengan teknik Proportional Area Random Sampling, dengan responden sebanyak 109 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 15. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 0,159+ 0,456 X1 + 0,365 X2. Hal ini berarti jika variabel kepemimpinan dan motivasi diasumsikan tetap maka kinerja karyawan akan bernilai sebesar 0,159. Sedangkan nilai koefisien kepemimpinan bernilai 0,456 menyatakan bahwa setiap terjadi kenaikan 1 skor untuk kepemimpinan akan diikuti dengan kenaikan kinerja bernilai 0,456. Nilai koefisien motivasi menunjukkan angka bernilai 0,365 menyatakan bahwa apabila terjadi kenaikan 1 skor untuk motivasi akan diikuti dengan terjadi kenaikan kinerja senilai 0,365.Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,553, hal ini berarti 55,3% kinerja karyawan unit sewing PT. Starfood Jaya Prima Kudus dipengaruhi oleh variabel kepemimpinan dan motivasi, sedangkan sisanya 44,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh secara parsial dan simultan antara kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Disarankan sebaiknya pemimpin yang ada pada PT. Starfood Jaya Prima Kudus agar memberikan motivasi yang lebih tinggi kepada karyawan guna terciptanya kinerja yang tinggi. Untuk karyawan PT. Starfood Jaya Prima Kudus untuk lebih meningkatkan kualitas bukan hanya kuantitas produk yang dihasilkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 07 Dec 2011 20:04
    Last Modified: 07 Dec 2011 20:05

    Actions (login required)

    View Item