(ABSTRAK)PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA PERMAINAN GAMBAR MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KEBON I KABUPATEN KLATEN


Anna Rochayati, 2101406680 (2011) (ABSTRAK)PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA PERMAINAN GAMBAR MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KEBON I KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of (ABSTRAK)PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA PERMAINAN GAMBAR MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KEBON I KABUPATEN KLATEN]
Preview
PDF ((ABSTRAK)PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA PERMAINAN GAMBAR MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KEBON I KABUPATEN KLATEN) - Published Version
Download (278kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis paragraf deskripsi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu diajarkan pada siswa secara terpadu dengan keterampilan berbahasa yang lain. Pada kenyataannya banyak siswa yang beranggapan bahwa keterampilan berbahasa yang paling sulit ialah keterampilan menulis paragraf deskripsi. Hal ini disebabkan, karena sebagian besar siswa kurang memperhatikan dan mengganggap mudah materi menulis paragraf deskripsi sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal. Selain itu, guru jarang menggunakan media pembelajaran sebagai media penyampaian materi pada siswa. Penelitian ini mengkaji masalah (1) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas II SD Negeri Kebon I Kabupaten Klaten setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media permainan gambar melalui metode role playing dan ; (2) Bagaimanakah perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media permainan gambar melalui metode role playing. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dan perubahan tingkah laku dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media permainan gambar melalui metode role playing pada siswa kelas II SD Negeri Kebon I Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pada siswa kelas II SD Negeri Kebon I Kabupaten Klaten yang berjumlah 22 siswa terdiri atas 18 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi dan metode role playing dengan media permainan gambar. Tiap siklus terdiri atas tahap pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada tahap prasiklus menggunakan teknik tes, sedangkan pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes, instrument yang digunakan adalah instrument tes dan nontes. Instrument tes yang digunakan berupa tes menulis paragraf deskripsi, sedangkan instrument nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal siswa dan guru, pedoman wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media permainan gambar melalui metode role playing rata-rata nilai dalam menulis paragraf deskripsi siswa kelas II SD Negeri Kebon I kabupaten Klaten mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada prasiklus adalah 62 atau kategori cukup dan siklus I adalah 68,64 atau kategori cukup dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 77,5 atau kategori baik. Hal ini membuktikan adanya peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebanyak 6,64 dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 8,86. Peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa juga diikuti perubahan tingkah laku dari negatif menjadi tingkah laku positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas II SD Negeri Kebon I Kabupaten Klaten mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan media permainan gambar melalui metode role playing dan tingkah laku siswa mengalami perubahan dari tingkah laku negatif menjadi tingkah laku positif. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain: (1) guru dapat memanfaatkan pembelajaran melalui media permainan gambarr dengan metode role playing sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi, (2) siswa agar aktif berlatih untuk menulis, terutama menulis paragraf deskripsi, (3) peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan media dan metode pembelajaran berbeda, sehingga didapatkan berbaagi alternatif media dan metode pembelajaran menulis paragraf deskripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, paragraf deskripsi, permainan gambar, metode role playing
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
Date Deposited: 07 Dec 2011 11:51
Last Modified: 07 Dec 2011 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10698

Actions (login required)

View Item View Item