Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku melalui Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah Menggunakan Teknik Membandingkan pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara.


Eriah Rahmawati , 2101407172 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku melalui Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah Menggunakan Teknik Membandingkan pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku melalui Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah Menggunakan Teknik Membandingkan pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku melalui Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah Menggunakan Teknik Membandingkan pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, ditemukan bahwa kemampuan menulis resensi buku belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis resensi kebanyakan masih di bawah 70, hanya 4 siswa yang mendapat nilai di atas 70. Padahal standar ketuntasan minimal untuk kompetensi dasar tersebut adalah 70. Dengan demikian kelas XI IPA 1 belum mencapai nilai batas minimum yang ditentukan. Keadaan yang demikian membuat peneliti tertarik untuk mendapatkan jalan keluar dari permasalah tersebut. Upaya yang peneliti lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis resensi melalui metode pembelajaran berdasarkan masalah dan teknik membandingkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis resensi pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menulis resensi melalui metode pembelajaran berdasarkan masalah dengan teknik membandingkan, (2) bagaimanakah perubahan perilaku pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menulis resensi melalui metode pembelajaran berdasarkan masalah dengan teknik membandingkan, (3) bagaimanakah tanggapan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bawang setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menulis resensi melalui metode pembelajaran berdasarkan masalah dengan teknik membandingkan. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bawang yang berjumlah 36 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis resensi melalui metode pembelajaran berdasarkan masalah dan teknik membandingkan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes dalam bentuk observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan menulis resensi pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri I Bawang. Persentase ketuntasan siswa dalam menulis resensi pada prasiklus mencapai 52,78% dan masih berkategori kurang dari standar ketuntasan yang ditetapkan, yaitu sebesar 75%. Persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 58,33%. Hal ini juga masih kurang dari batas ketuntasan yang ditentukan. Pada siklus II persentase ketuntasan iii mencapai 88,89% dan sudah memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan. Selain itu, perilaku dan minat siswa pun meningkat menjadi lebih baik. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis resensi dan mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa. Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti memberikan saran (1) bagi guru bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran, (2) bagi siswa, sebaiknya lebih aktif mencari sumber pembelajaran dari berbagai sumber, (3) bagi peneliti, sebaiknya ada penelitian pengembangan tentang menulis resensi sehingga pengetahuan dan wawasan peneliti berkembang, tidak mengalami stagnasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: resensi buku, pembelajaran berdasarkan masalah, teknik membandingkan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:56
Last Modified: 25 Apr 2015 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10697

Actions (login required)

View Item View Item