Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Akuntansi di SMA Negeri 1 Pabelan

Noviana Fitriya, 7101406038 (2011) Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Akuntansi di SMA Negeri 1 Pabelan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

WarningThere is a more recent version of this item available.

Abstract

Fitriya, Noviana. 2010. “Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Akuntansi di SMA Negeri 1 Pabelan”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Asrori, M.S. Pembimbing II. Maylia Pramono Sari, SE, M.Si. Kata Kunci : Motivasi berprestasi, Persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru, Prestasi belajar. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor intern maupun ekstern. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi berprestasi siswa dan persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan motivasi berprestasi siswa dan persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pabelan yang berjumlah 65 siswa. Semua populasi dijadikan sampel. Variabel yang diteliti yaitu motivasi berprestasi siswa (X1), persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru (X2) dan prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y=13,638+0,344X1+0,475X2. Secara simultan, diperoleh Fhitung 12,742 dengan nilai signifikansi 0,000. Secara parsial, diperoleh thitung untuk variabel motivasi berprestasi siswa sebesar 3,606 dengan signifikansi 0,001. Nilai thitung untuk variabel persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru sebesar 3,009 dengan signifikansi 0,004. Secara simultan, pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 26,8%. Dan selebihnya 73,2% variabel prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa ada pengaruh motivasi berprestasi siswa dan persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa secara parsial maupun simultan. Oleh karena itu peneliti menyampaikan beberapa saran, diantaranya siswa hendaknya lebih meningkatkan motivasi berprestasinya dengan rajin mempelajari mata pelajaran akuntansi dan belajar kelompok bersama teman yang lebih tinggi prestasinya sehingga akan timbul semangat memahami mata pelajaran ekonomi pokok bahasan akuntansi. Guru hendaknya mengajak siswa untuk aktif di kelas, misalnya dengan mengadakan diskusi kelompok. Dan menciptakan kondisi yang kondusif dalam pembelajaran di kelas. Serta mampu memberikan reward dan nilai sesuai dengan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa mempunyai motivasi yang tinggi karena mendapatkan feedback yang baik dari gurunya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi berprestasi, Persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru, Prestasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: farid N fisika
Date Deposited: 07 Dec 2011 19:39
Last Modified: 07 Dec 2011 19:39

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item