PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG – GROBOGAN


Dwi Muslikah, 7101406027 (2011) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG – GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG – GROBOGAN] PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG – GROBOGAN) - Published Version
Download (73kB)

Abstract

Muslikah, Dwi. 2010. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Karangrayung - Grobogan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Dosen Pembimbing I: Drs. Partono Thomas, M.S., Dosen Pembimbing II: Maylia Pramono S., SE,M.Si,Akt Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru Keberhasilan seorang guru dalam pendidikan dapat dilihat dari kompetensi guru yang bersangkutan, salah satunya adalah kompetensi profesional. Kompetensi guru dapat dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah kepemimpinan kepala sekolah. Untuk dapat mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru di SMA Negeri 1 Karangrayung – Grobogan, maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru di SMA Negeri 1 Karangrayung – Grobogan. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMA Negeri 1 Karangrayung – Grobogan yang berjumlah 31 guru. Variabel yang diteliti yaitu kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas dan kompetensi profesional guru sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen yang disusun kemudian diuji validitas menggunakan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana yang sebelumnya telah diuji terlebih dahulu dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menujukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam ketegori cukup baik dengan skor rata – rata adalah 123, dan kompetensi profesional guru dalam kategori cukup baik dengan skor rata – rata 90,64. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh hasil ada pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap koompetensi professional guru. Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi professional guru adalah sebesar 44,3%, dan sisanya 55,7% kompetensi professional guru dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan ada pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi professional guru di SMA Negeri 1 Karangrayung. Oleh karena itu peneliti menyarankan bagi guru untuk selalu berupaya meningkatkan kompetensi professionalnya misanya dengan melakukan studi lanjut dibidangnya. Sebagai kepala sekolah harus mampu bertindak kreatif dan inovatif agar dapat dijadikan panutan bagi seluruh warga sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2011 00:39
Last Modified: 08 Dec 2011 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10681

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item