PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERGAULAN DENGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 3 JEPARA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Motivasi Berprestasi sebagai Variabel Intervening)


Yafi Faizalis Kasdiar , 7101406605 (2011) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERGAULAN DENGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 3 JEPARA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Motivasi Berprestasi sebagai Variabel Intervening). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERGAULAN DENGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 3 JEPARA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Motivasi Berprestasi sebagai Variabel Intervening)] Microsoft Word (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERGAULAN DENGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 3 JEPARA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Motivasi Berprestasi sebagai Variabel Intervening)) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Kasdiar, Yafi Faizalis. 2010. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pergaulan dengan Teman Sebaya terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 3 Jepara Tahun Ajaran 2009/2010 (Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Intervening). Skripsi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Muhammad Khafid, S.Pd, M.Si Pembimbing II : Trisni Suryarini, SE, M.Si. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Pergaulan dengan Teman Sebaya, Motivasi Berprestasi, Kesulitan Belajar Didalam proses belajar mengajar tidak selamanya selalu berhasil, adakalanya mengalami hambatan atau kesulitan, kegagalan atau keterlambatan. Kesulitan belajar akuntansi siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik intern maupun ekstern. Fakto-faktor tersebut diantaranya adalah lingkungan keluarga, pergaulan dengan teman sebaya, dan motivasi berprestasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi berprestasi. 2) Apakah ada pengaruh pergaulan dengan teman sebaya terhadap motivasi berprestasi. 3) Apakah ada pengaruh lingkungan keluarga,pergaulan dengan teman sebaya terhadap motivasi berprestasi. 4)Apakah ada pengaruh lingkungan keluarga, pergaulan dengan teman sebaya dan motivasi berprestasi terhadap kesulitan belajar akuntansi secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 3 Jepara tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 80 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu XI Ak1 dan XI Ak2. Variabel yang dikaji pada regresi linier berganda model pertama adalah variabel independen yang terdiri dari lingkungan keluarga dan pergaulan dengan teman sebaya, sedangkan motivasi berprestasi sebagai variabel intervening. Dan model kedua adalah variabel independen yang terdiri dari lingkungan keluarga dan pergaulan dengan teman sebaya, dan motivasi berprestasi sedangkan variabel dependennya adalah kesulitan belajar akuntansi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase, deskripsi responden dan regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan (1) lingkungan keluarga terhadap motivasi berprestasi, hal ini terbukti dari hasil uji parsial diperoleh thitung sebesar -1,576 dan besarnya pengaruh sebesar 3,13%. Terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan (2) pergaulan dengan teman sebaya terhadap motivasi berprestasi, hal ini terbukti dari uji parsial, thitung sebesar 3,525 dan besarnya pengaruh sebesar 13,9%. (3) Lingkungan keluarga dan pergaulan dengan teman sebaya terhadap motivasi berprestasi, hal ini terbukti dari hasil uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 6,467 dan besarnya pengaruh sebesar 12,2%. (4) Lingkungan keluarga, pergaulan dengan teman sebaya dan motivasi berprestasi terhadap kesulitan belajar akuntansi secara parsial maupun simultan. Untuk variabel lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar akuntansi secara parsial diperoleh thitung sebesar 2,042 dan besarnya pengaruh sebesar 5,19%. Untuk variabel pergaulan dengan teman sebaya terhadap kesulitan belajar akuntansi secara parsial diperoleh thitung sebesar 2,007 dan besarnya pengaruh sebesar 5%. Untuk variabel motivasi berprestasi terhadap kesulitan belajar akuntansi secara parsial diperoleh thitung sebesar 3,541 dan besarnya pengaruh sebesar 14,14%. Sedangkan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 10,407 dan (R2) sebesar 26,3%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru dapat mengajar dengan metode pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Pihak sekolah diharapkan terus meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana. Bagi orang tua hendaknya lebih memberikan perhatian dan motivasi ketika anaknya sedang belajar, serta orang tua hendaknya harus lebih mengontrol waktu bermain anak dan mengawasi pergaulannya. Siswa hendaknya menjalin hubungan yang harmonis dan positif antara teman sebayanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Pergaulan dengan Teman Sebaya, Motivasi Berprestasi, Kesulitan Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2011 00:40
Last Modified: 08 Dec 2011 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10677

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item