ANALISIS KELAYAKAN ISI, KEBAHASAAN, DAN PENYAJIAN BUKU AJAR BIOLOGI BERDASARKAN STANDAR BSNP


Ratna Yuslinawati, 4401406022 (2011) ANALISIS KELAYAKAN ISI, KEBAHASAAN, DAN PENYAJIAN BUKU AJAR BIOLOGI BERDASARKAN STANDAR BSNP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of  ANALISIS KELAYAKAN ISI,  KEBAHASAAN, DAN PENYAJIAN BUKU AJAR BIOLOGI BERDASARKAN STANDAR BSNP]
Preview
PDF ( ANALISIS KELAYAKAN ISI, KEBAHASAAN, DAN PENYAJIAN BUKU AJAR BIOLOGI BERDASARKAN STANDAR BSNP) - Published Version
Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yuslinawati, Ratna. 2010. Analisis Kelayakan Isi, Kebahasaan, dan Penyajian Buku Ajar Biologi Berdasarkan Standar BSNP. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dr. Lisdiana, M. Si dan drh. Wulan Christijanti, M Si. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di 16 SMA Negeri di Kota Semarang, buku teks pelajaran Biologi yang digunakan di kelas XI sangat bervariasi, yaitu sebanyak 19 buku teks pelajaran. Dari 19 buku tersebut, tiga buku ajar yang paling banyak digunakan adalah buku A, buku B, dan buku C. Ketiga buku tersebut yang dianalisis dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, komponen yang menjadi fokus penilaian buku ajar yaitu: (1) komponen kelayakan isi; (2) komponen kebahasaan; dan (3) komponen penyajian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku pelajaran yang baik sesuai dengan penilaian kelayakan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Kota Semarang. Peneliti mengambil tiga buku teks biologi terbanyak yang digunakan dalam proses belajar mengajar di 16 SMA Negeri se Kota Semarang. Lembar penilaian disiapkan untuk diisi oleh sembilan guru Biologi kelas XI, peneliti, dan satu guru Bahasa Indonesia untuk penilaian komponen kebahasaan. Penelitian ini dilakukan melalui rancangan deskriptif dengan menggunakan Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Biologi SMA/MA dari BSNP. Pada penilaian tahap I buku dinilai dengan menggunakan instrumen pertama yang memfokuskan pada kesesuaian SK dan KD, dan kelayakan penyajian secara cepat (skimming). Buku dinilai kembali secara lebih komprehensif dan mendalam pada ketiga komponen buku yang dinilai (kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian) pada penilaian tahap II. Pada penelitian ini diperoleh hasil buku A memiliki kriteria sesuai untuk komponen kelayakan isi dengan persentase kesesuaian 75,78%, sesuai komponen kebahasaan dengan persentase kesesuaian 77,67%, dan sangat sesuai untuk komponen penyajian dengan persentase kesesuaian 83,55%. Buku B memiliki kriteria sangat sesuai untuk komponen kelayakan isi dan penyajian dengan persentase kesesuaian masing-masing 90,98% dan 93,40%. Hasil penilaian komponen kebahasaan untuk buku B sesuai dengan persentase kesesuaian 77,67%. Kriteria sesuai diperoleh buku C pada ketiga komponen yang dinilai dengan persentase kesesuaian kelayakan isi 75,52%, kebahasaan 74,67%, penyajian81,25%. Dari ketiga buku teks tersebut, buku B memperoleh skor tertinggi untuk komponen kelayakan isi dan penyajian. Pada komponen kebahasaan, buku A dan B memperoleh persentase yang sama. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, perlu dilakukan peninjauan lebih lanjut mengenai isi, kebahasaan, dan penyajian materi pada bukiu teks pelajaran sehingga tidak menimbulkan kesalahan pemahaman pada peserta didik. Kata Kunci : Buku teks, analisis buku teks, Instrumen Penilaian Buku Teks, BSNP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2011 00:44
Last Modified: 08 Dec 2011 00:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item View Item