VARIASI KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMPN 13 MAGELANG TAHUN AJARAN 2009/2010


Kusmiati, 2102406651 (2011) VARIASI KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMPN 13 MAGELANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of VARIASI KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMPN 13 MAGELANG  TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (VARIASI KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMPN 13 MAGELANG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (25kB) | Preview

Abstract

Abstrak Kusmiati, 2010. Variasi Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Magelang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Esti Sudi Utami, M.Pd., Pembimbing II: Dra. Endang Kurniati, M.Pd. Kata Kunci: menulis, morfologi, kesalahan berbahasa Dalam pembelajaran menulis, siswa dituntut untuk dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Menurut guru mata pelajaran bahasa Jawa kelas VII SMP Negeri 13 Magelang, dalam pembelajaran menulis karangan siswa belum mencapai KKM, yaitu 65. Salah satu penyebab siswa tidak dapat mencapai target KKM adalah karena siswa melakukan kesalahan dalam berbahasa. Kesalahan berbahasa ini terjadi karena penggunaan bahasa yang lebih dari satu yaitu bahasa ibu (B1) dan bahasa kedua setelah bahasa ibu (B2). B1 akan mempengaruhi B2 atau sebaliknya. Saling pengaruh ini dapat terjadi pada setiap unsur bahasa, seperti fonologi, morfologi, dan sintaksis. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah variasi kesalahan berbahasa tataran morfologi pada karangan siswa kelas VII SMPN 13 Magelang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi kesalahan berbahasa tataran morfologi pada karangan siswa kelas VII SMPN 13 Magelang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teoretis dan pendekatan motodogis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan analisis kesalahan berbahasa, sedangkan pendekatan metodologis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikaji dalam penelitian ini adalah kesalahan berbahasa pada tataran morfologi dalam karangan siswa. Sumber data penelitian ini berupa karangan siswa kelas VII SMP Negeri 13 Magelang tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumenter. Analisis data penelitian ini menggunakan metode padan. Jenis metode padan yang digunakan adalah metode padan ortografis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kesalahan berbahasa pada tataran morfologi yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 13 Magelang dalam menulis karangan terjadi pada tataran afiksasi, kata ulang, dan kata majemuk. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Jawa agar metode analisis kesalahan berbahasa digunakan dalam pembelajaran, sehingga dapat diprediksi kesalahan berbahasa yang sering dilakukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, morfologi, kesalahan berbahasa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2011 00:44
Last Modified: 08 Dec 2011 00:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10667

Actions (login required)

View Item View Item