ANALISIS SOSIOSEMANTIK RUBRIK ANEKA POJOK PADA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT PERIODE 2009


Sri Murtiningsih, 2102406658 (2011) ANALISIS SOSIOSEMANTIK RUBRIK ANEKA POJOK PADA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT PERIODE 2009. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS SOSIOSEMANTIK RUBRIK  ANEKA POJOK  PADA MAJALAH  PANJEBAR SEMANGAT PERIODE 2009]
Preview
PDF (ANALISIS SOSIOSEMANTIK RUBRIK ANEKA POJOK PADA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT PERIODE 2009) - Published Version
Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Murtiningsih, Sri. 2010. Analisis Sosiosemantik Rubrik Aneka Pojok pada Majalah Panjebar Semangat Periode 2009. Skrisi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Widodo dan Pembimbing II: Nur Fateah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: sosiosemantik, fungsi bahasa, dan makna bahasa Rubrik memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dengan memuat suatu tulisan yang beraneka ragam. Rubrik Aneka Pojok berisikan aspirasi redaksi mengenai suatu persoalan tertentu yang sedang menjadi sorotan dalam pemberitaan ditengah masyarakat. Rubrik Aneka Pojok diungkapkan dengan argumentasi-argumentasi guna mendukung kebijakan redaksional yang hendak diusung. Berdasarkan paparan tersebut, permasalahan penelitian ini meliputi: (1) fungsi bahasa apa yang terdapat dalam rubrik Aneka Pojok pada majalah Panjebar Semangat periode 2009?, dan (2) makna apa yang terdapat dalam rubrik Aneka Pojok pada majalah Panjebar Semangat periode 2009?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan fungsi bahasa rubrik Aneka Pojok pada majalah Panjebar Semangat periode 2009, dan (2) mendeskripsikan makna yang terdapat dalam rubrik Aneka Pojok pada majalah Panjebar Semangat periode 2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan sosiosemantik. Pendekatan metodologisnya adalah pendekatan deskriptif kualitatif.. Sumber data penelitian ini adalah rubrik Aneka Pojok pada majalah Panjebar Semangat. Data penelitian ini adalah penggalan wacana yang terdapat dalam rubrik Aneka Pojok pada majalah Panjebar Semangat yang mengandung fungsi bahasa dan makna. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik catat. Setelah terkumpul data dianalisis menggunakan teknik pilah unsur penentu dan disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian ini berupa fungsi bahasa meliputi: (1) fungsi instrumental, (2) fungsi regulasi, (3) fungsi pemerian, (4) fungsi interaksi, (5) fungsi perorangan, dan (6) fungsi heuristik. Selain itu juga ditemukan makna meliputi: (1) makna referensial, (2) makna denotatif, (3) makna konotatif, (4) makna asosiatif, dan (5) makna kias. Berdasarkan temuan tersebut, saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah diharapkan ada penelitian lanjutan, misalnya dari segi linguistik struktural (kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana) dan linguistik fungsional (selain sosiosemantik seperti psikolinguistik, pragmatik, dan lain-lain) pada rubrik Aneka Pojok majalah Panjebar Semangat. Selain itu juga untuk membantu pembaca dalam memahami berita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sosiosemantik, fungsi bahasa, dan makna bahasa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2011 00:44
Last Modified: 08 Dec 2011 00:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10666

Actions (login required)

View Item View Item