Keefektifan Metode Resitasi dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi pada Pokok Bahasan Persamaan Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2011/2011


Tri Winarsih , 7101407070 (2011) Keefektifan Metode Resitasi dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi pada Pokok Bahasan Persamaan Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2011/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Metode Resitasi dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi pada Pokok Bahasan Persamaan Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2011/2011]
Preview
PDF (Keefektifan Metode Resitasi dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi pada Pokok Bahasan Persamaan Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2011/2011) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor penghambat prestasi belajar dikelompokkan menjadi faktor dari dalam diri siswa (faktor internal) dan faktor dari luar diri siswa (faktor eksternal). Terkait dengan prestasi belajar, maka permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa dan apakah penerapan metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja siswa lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori terhadap prestasi belajar Ekonomi Akuntansi pada pokok bahasan persamaan akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dan mengetahui keefektifan metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 105 siswa. Dengan teknik simple random sampling diperoleh kelas XI IPS 1 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel dari penelitian ini terdiri dari metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja siswa dan metode ekspositori sebagai variabel bebas serta prestai belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, dan lembar observasi. Hasil analisis uji paired sample t test menunjukkan thitung = -17,598 dan ttabel = -2,032. Sedangkan Sig. (2-tailed) = 0,000. Hal ini berarti bahwa thitung < ttabel (-17,598 < -2,032) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara nilai tes sebelum dan sesudah adanya treatment. Hasil analisis uji independent sample t test diperoleh thitung = 2,659 dan ttabel = 1,995. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel (2,659 > 1,995) maka Ho ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen lebih besar karena t bernilai positif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja siswa mampu meningkatkan prestasi belajar pokok bahasan persamaan akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja siswa lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori terhadap prestasi belajar pokok bahasan persamaan akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Lembar Kerja Siswa, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2011 03:11
Last Modified: 25 Apr 2015 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10665

Actions (login required)

View Item View Item