Pemanfaatn Keberadaan Waduk Gunung Rowo dalam Metode Outdoor Study pada Pembelajaran IPS Geografi Materi Kenampakan-Kenampakan Buatan di Wilayah Indonesia Kelas V SD Sarirejo 04 Pati


Ria Afriyanti , 3201406022 (2011) Pemanfaatn Keberadaan Waduk Gunung Rowo dalam Metode Outdoor Study pada Pembelajaran IPS Geografi Materi Kenampakan-Kenampakan Buatan di Wilayah Indonesia Kelas V SD Sarirejo 04 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatn Keberadaan Waduk Gunung Rowo dalam Metode Outdoor Study pada Pembelajaran IPS Geografi Materi Kenampakan- Kenampakan Buatan di Wilayah Indonesia Kelas V SD Sarirejo 04 Pati]
Preview
PDF (Pemanfaatn Keberadaan Waduk Gunung Rowo dalam Metode Outdoor Study pada Pembelajaran IPS Geografi Materi Kenampakan- Kenampakan Buatan di Wilayah Indonesia Kelas V SD Sarirejo 04 Pati) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Waduk Gunung Rowo merupakan jenis waduk buatan dan salah satu lokasi wisata sangat potensial untuk meningkatkan pembelajaran geografi di sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian iini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan metode outdoor study pada pembelajaran IPS (geografi) siswa kelas V SD Negeri Sarirejo 04 Pati tahun ajaran 2011/2012? (2) bagaimana pemanfaatan Waduk Gunung Rowo dalam metode Outdoor Study pada pembelajaran IPS (geografi) siswa kelas V SD Negeri Sarirejo 04 Pati?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan outdoor study pada pembelajaran IPS (geografi) siswa kelas V SD Negeri Sarirejo 04 Pati tahun ajaran 2011/2012, (2) untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Waduk Gunung Rowo dalam metode Outdoor Study pada pembelajaran IPS (geografi) siswa kelas V SD Negeri 04 Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sarirejo 04 Pati. Teknik pengambilan sampel yang digunakan total sampling, karena jumlah responden kurang dari 100 yakni sebanyak 39 siswa. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditunjukkan berdasarkan analisis deskriptif presentase. Pada pembelajaran outdoor study yang dilakukan oleh sekolah menunjukkan pada tahap persiapan terlihat sudah baik, pada tahap pelaksanaan cukup baik, akan tetapi pada tahap selesai outdoor study masih kurang baik,. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran outdoor study yang dilaksanakan oleh sekolah sebelumnya masih rendah yakni sebesar 50%. Pada pembelajaran outdoor study di Waduk Gunung Rowo menunjukkan bahwa pada tahap persiapan sudah sangat baik yang diikuti pada tahap pelaksanaan yang sudah baik daripada sebelumnya. Setelah selesai kegiatan outdoor study juga terlihat meningkat menjadi lebih baik. Pemanfaatan Waduk Gunung Rowo dalam metode outdoor study oleh siswa kelas V SD Sarirejo 04 Pati ternyata dapat memberikan respon yang positif bagi siswa. Serta berdasarkan hasil observasi dapat dikategorikan tinggi yakni sebesar 79,17%. Dengan mengajak siswa ke objek yang berbeda serta dengan suasana yang berbeda dapat memperluas serta menambah pengetahuan siswa dengan hal-hal yang baru. Berdasarkan hasil penelitian di atas saran disampaikan kepada: sebaiknya guru lebih kreatif dalam mengajar, sedangkan siswa diharuskan lebih aktif selama mengikuti pelajaran, serta sekolah hendaknya sekolah menyediakan fasilitas yang diperlukan oleh siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Waduk Gunung Rowo, Outdoor Study
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2011 03:07
Last Modified: 25 Apr 2015 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item