Pengembangan Modul Materi Ekosistem Berbasis SETS untuk Siswa Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional


Lutfia Nur Hadiyanti , 4401407075 (2011) Pengembangan Modul Materi Ekosistem Berbasis SETS untuk Siswa Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Modul Materi Ekosistem Berbasis SETS untuk Siswa Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional]
Preview
PDF (Pengembangan Modul Materi Ekosistem Berbasis SETS untuk Siswa Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional) - Published Version
Download (95MB) | Preview

Abstract

Modul merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar. Need assessment yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kebumen menunjukkan bahwa guru di RSMABI belum mengembangkan modul yang sesuai dengan karakteristik sekolah sebagai konsekuensi Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar yang sudah digunakan dalam pembelajaran di RSMABI, menghasilkan modul materi Ekosistem berbasis SETS yang valid dan dapat diterapkan dalam pembelajaran di RSMABI, dan mengevaluasi efektivitas penerapan modul materi Ekosistem berbasis SETS. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D). Keefektifan modul diuji menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ungaran. Subyek uji coba ditentukan dengan convenience purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan buku teks, LKS, dan komputer sebagai bahan ajar, namun belum mengembangkan modul. Hasil validasi modul materi Ekosistem berbasis SETS adalah 99,14% yang memenuhi kriteria sangat layak. Tingkat keterbacaaan modul yang diuji cobakan di SMA Negeri 1 Kebumen mencapai 81,75% termasuk kriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis t-test, kelas eksperimen mempunyai selisih nilai pre-test dan post-test yang secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol. Tingkat keterterapan modul adalah 70,48% dengan kriteria tinggi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa modul materi Ekosistem berbasis SETS yang dikembangkan efektif diterapkan dalam pembelajaran di RSMABI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul materi Ekosistem, SETS, RSMABI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2011 03:03
Last Modified: 25 Apr 2015 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10663

Actions (login required)

View Item View Item