Strategi Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Berkoperasi Di SMK Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2011-2012


Anik handayani, 7101407094 (2011) Strategi Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Berkoperasi Di SMK Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2011-2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Berkoperasi Di SMK Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2011-2012]
Preview
PDF (Strategi Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Berkoperasi Di SMK Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2011-2012) - Published Version
Download (530kB) | Preview

Abstract

Di dalam suatu organisasi strategi itu sangat penting digunakan, supaya usaha yang dijalankan bisa berhasil dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Besar kecilnya usaha kalau tidak didukung dengan strategi yang baik, maka hasilnya juga tidak akan memuaskan. Begitu juga dengan koperasi sekolah, yang termasuk usaha kecil, walaupun tidak berbadan hukum, yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya yaitu para siswa SMK Negeri 1 Pati. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi keikutsertaan siswa dalam berkoperasi di SMK Negeri 1 Pati dan bagaimana strategi SMK Negeri 1 Pati dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam berkoperasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi keikutsertaan siswa dalam berkoperasi di SMK Negeri 1 Pati dan strategi apa yang digunakan SMK Negeri 1 pati dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam berkoperasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan triangulasi. Analisis data digunakan melalui tahap pengumpulan data hasil penelitian, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, strategi yang digunakan SMK Negeri 1 Pati belum sepenuhnya sejalan dengan tujuan koperasi secara umum yang semestinya juga sebagai tujuan koperasi sekolah SMK Negeri 1 Pati karena yang dilibatkan dalam kegiatan koperasi sekolah hanya siswa akuntansi, tujuan koperasi sekolah secara umum yang dicapai SMK Negeri 1 Pati dengan baik adalah koperasi sekolah sebagai sarana untuk mendapatkan alat-alat kebutuhan sekolah, dan memupuk rasa cinta pada sekolah. Saran yang disampaikan penulis, pengurus diharapkan melibatkan seluruh siswa SMK Negeri 1 Pati dalam kegiatan koperasi sekolah, agar koperasi sekolah dapat berjalan sesuai dengan tujuan koperasi sekolah secara umum, bagi pihak sekolah diharapkan mengoptimalkan strategi peningkatan partisipasi siswa dalam berkoperasi di SMK Negeri 1 Pati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Partisipasi Siswa, dan Koperasi Sekolah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2011 02:26
Last Modified: 25 Apr 2015 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10657

Actions (login required)

View Item View Item