Pemanfaatan Teenlit sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra untuk Siswa SMA
Anggun Radyan Pramesthi , 2101404022 (2011) Pemanfaatan Teenlit sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra untuk Siswa SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pemanfaatan Teenlit sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra untuk Siswa SMA)
- Published Version
Download (563kB) | Preview |
Abstract
Teenlit merupakan karya sastra jenis prosa yang merupakan perkembangan gaya penulisan dari novel populer. Teenlit dapat diartikan sebagai bacaan yang bersegmentasi remaja (belasan tahun) yang mengangkat kehidupan remaja. Dengan pijakan tersebut maka teenlit dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan pembelajaran apresiasi sastra. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : teenlit apa sajakah yang cocok menjadi bahan alternatif pembelajaran apresiasi sastra untuk siswa SMA. Pemilihan teenlit yang cocok digunakan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan penilaian dari segi bahasa, psikologi, dan sosial budaya siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.. Hasil penelitian dipaparkan dalam bentuk deskripsi data-data yang sudah dibatasi dalam rumusan masalah dan tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah teenlit terbitan Gramedia Pustaka Utama tahun 2003 hingga 2008. Dari populasi tersebut diambil enam teenlit sebagai sampel penelitian. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan enam teenlit yang cocok digunakan sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk siswa SMA. adalah : (1) After, cocok untuk pembelajaran apresiasi sastra kelas XI, (2) Luna, cocok untuk pembelajaran apresiasi sastra kelas XII, (3) Saving Francesca, cocok untuk pembelajaran apresiasi sastra kelas XI, (4) My Friends My Dreams, cocok untuk pembelajaran apresiasi sastra kelas X, (5) 3600 Detik, cocok untuk pembelajaran apresiasi sastra kelas XII, dan (6) She, cocok untuk pembelajaran apresiasi sastra kelas XII. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar sekolah-sekolah perlu mempertimbangkan penyediaan teenlit di perpustakaan sehingga dapat diakses siswa dengan mudah sebagai bahan ajar apresiasi sastra maupun sebagai bacaan, selain itu, mengingat pesatnya perkembangan teenlit dewasa ini baik dari segi kuantitas maupun kualitas, maka hal ini dapat menjadi bahan kajjian bagi peneliti lain yang berminat melakukan penelitian mengenai teenlit dari dimensi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teenlit, bahan ajar, apresiasi sastra |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Dec 2011 01:35 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10656 |
Actions (login required)
View Item |